Karawang –

[Gambas:Video 20detik]

Pabrikan mobil Cina, Wuling, mulai menguji mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang akan segera diluncurkan di jalanan Indonesia. 2 Mobil SUV Wuling terlihat di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jumat (4/1).

"Saya sedang mengemudi di jalan tol Cikampek, sekitar Karawang Timur. Di tengah kemacetan, kedua mobil tiba-tiba muncul," jelas seorang sumber CNNIndonesia.com, seperti dikutip pada Sabtu (5/1/2019).

Dari foto, ada dua mobil dengan motif kamuflase yang berbeda. Salah satu motif kamuflase mirip dengan sosok mobil di foto yang telah menyebar di dunia maya sebelumnya. Sementara itu unit-unit lain dimonitor seperti model yang sama, tetapi hanya terlihat sebagian.

Kedua mobil ini sekilas memiliki kemiripan dengan Baojun 530 alias Wuling SUV yang telah dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus lalu.

SUV Wuling Foto: Rachman Haryanto

Kesamaan dinilai dari desain lampu depan, lampu belakang, bentuk spolier atas, dan garis atap dan garis tubuh samping. Meski begitu, pelek yang tidak tertutup oleh kamuflase menunjukkan desain yang berbeda.

Sejumlah laporan sebelumnya telah mengungkapkan sedikit demi sedikit tentang identitas SUV Wuling. Berdasarkan data Nilai Penjualan Kendaraan Bermotor di situs web Badan Pajak dan Retribusi Provinsi DKI Jakarta, model tersebut diduga bernama Almaz, memiliki mesin 1.500 cc, dan dilengkapi dengan CVT.

Selain itu, dari penampilan foto-foto lain, diketahui bahwa model produksi Almaz memiliki desain dashboard yang berbeda dari Baojun 530 di GIIAS. Salah satu pembeda adalah headunit besar seperti milik mobil listrik Tesla.

SGMW Motors Indonesia (Wuling Indonesia) telah mengkonfirmasi bahwa Wuling SUV sedang diuji di jalan umum. Meski begitu, mereka tidak mau setuju dengan model SUV dalam foto penampakan yang telah beredar, Wuling SUV.

Sejak tahun lalu, Wuling Indonesia telah berulang kali menyatakan model produksi SUV Wuling di Tanah Air akan diluncurkan pada paruh pertama tahun 2019. Kemungkinan peluncuran ini dilakukan setelah Avanza terbaru diluncurkan bulan ini.

[Gambas:Video 20detik]

(ddn / ddn)