Jakarta – Harga mobil baru di Indonesia meningkat setiap tahun. Kenaikan itu memang tidak sembarangan tetapi terkandung dalam Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang Biaya Transfer Kendaraan Bermotor.

Di Indonesia, mobil yang paling banyak dibeli rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp. 100-200 juta. Meski begitu, bukan berarti mobil murah dengan harga di bawah Rp 100 juta hilang.

Perlu dicatat bahwa masih ada produsen yang menjual mobil di bawah Rp. 100 juta. Daihatsu misalnya di situs resminya ditulis untuk membeli LCGC kecil Ayla dengan harga mulai dari Rp. 98,15 juta.

Ada beberapa jenis Ayla yang ditawarkan, tetapi satu-satunya jenis yang harganya di bawah Rp. 100 juta adalah varian dari 1,0 D MT. Sedangkan jenis termahal mencapai Rp. 151,85 juta.

Penampilan Ayla tipe D dengan harga Rp. 100 juta memang tidak se-spesial varian paling populer. Harga dengan harga di bawah Rp. 100 juta, Ayla tipe D dilengkapi Bumper Warna Tubuh, Pegangan Warna Pintu Luar, Bahan Warna Cermin Luar Manual, Roda Baja berukuran 13 inci.

Bagian dalam diembed dengan Bahan Bahan Kursi, Papan Trim Pintu, Pelapis Kepala yang Dibentuk, Panel Instrumen Gelap, Sun Visor, dan hiasan pada pilar B.

Untuk keselamatan, Daihatsu melengkapi Ayla dengan sabuk pengaman di jalur pertama dan kedua, Side Impact Beam, dan Head Rest untuk penumpang belakang.

Harga Ayla ini lebih murah dari Toyota Agya kembarnya. Tidak ada model Agya yang dibanderol dengan harga di bawah Rp. 100 juta. Toyota menawarkan Agya termurah dengan Rp 136,95 juta. Sementara Agya termahal dijual seharga Rp 157,35 juta.

Agya termurah juga dilengkapi dengan berbagai fitur mulai dari side impact beam, airbag SRS ganda, Isofix, Pengingat Sabuk Pengaman, kursi semi bucket, bumper belakang sporty, headlamp proyektor asap dengan panduan LED, dan Lampu Kombinasi Belakang LED. (kering / ddn)