Jakarta – 2019 diprediksi menjadi momentum yang tepat bagi Indonesia untuk bergerak menuju penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Tahun baru ini, juga akan ada beberapa motor listrik yang sedang dijual.

Menurut para ahli fengsui, Suhu Yo, 2019, yang merupakan tahun babi tanah berdasarkan kalender Cina, menjadi momen booming untuk motor listrik. Kendaraan konvensional, menurutnya, bisa jatuh.

"Memang, di Indonesia sekarang hanya ada dua tren. Mobil menabrak, sepeda motor jatuh. Tetapi mobil listrik, sepeda motor listrik akan booming, naik dan turun, naik dan turun," kata
Suhu Yo dalam acara detikcom Blak-blakan detikcom, Selasa (1/1/2019).

Bahkan, kata Suhu Yo, bahkan sepeda anak-anak kecil sekarang menggunakan listrik. Jadi, penggunaan teknologi listrik untuk kendaraan yang diramalkan akan booming.

"Ini akan ditinggalkan oleh sepeda motor yang berbahan bakar bensin. Tapi memang motor yang dijual adalah 150 cc hingga 200 cc, terlaris. Namun motor dengan 100 cc-120 cc mulai menurun," kata Suhu Yo.

Memang, pada 2019 beberapa produsen berkomitmen untuk menjual motor listrik. Salah satunya adalah sepeda motor listrik yang dibuat oleh anak-anak bangsa, Gesits yang rencananya akan diluncurkan awal 2019.

(rgr / ddn)