Jakarta –

Elon Musk, orang nomor satu Tesla Inc, berjanji akan melahirkan mobil listrik murah. Pernyataannya kali ini bukan main-main, mengingat keberhasilannya memperkenalkan mobil listrik Tesla serta niat besar Elon Musk untuk bisa memproduksi 20 juta unit mobil listrik.

Dikutip dari autoblog, CEO Tesla Inc Elon Musk berjanji akan memperkenalkan mobil listrik murah seharga Rp. 300 juta. Untuk merealisasikan berbagai strategi yang akan diterapkan, salah satunya dengan memangkas bobot dan dimensi baterai tanpa melupakan jarak tempuh.

Elon Musk mengatakan, dengan dipangkasnya bobot dan dimensi baterai, otomatis biaya produksi akan turun sehingga harga mobil listrik murah bisa terwujud. Meski begitu, Elon Musk berusaha realistis dengan kondisi saat ini, Elon Musk mengaku hanya bisa merealisasikan mobil listrik murah paling cepat 3 tahun.

CEO Tesla Elon Musk melanggar aturan lockdown dengan membuka kembali pabrik Tesla di Fremont, California, AS. Area parkir pabrik Tesla penuh dengan mobil baru. Foto: Foto AP / Ben Margot

Namun, ketika mobil listrik murah benar-benar menjadi kenyataan, impian Elon Musk untuk bisa memproduksi 20 juta mobil listrik dalam setahun menjadi kenyataan.

Lebih lanjut, Elon Musk juga mengatakan bahwa untuk membantu menurunkan biaya kendaraan listrik, akan dikembangkan baterai kendaraan listrik generasi baru yang lebih bertenaga, tahan lama, dan lebih murah daripada baterai saat ini.

"Di masa depan, baterai sel silinder baru Tesla yang lebih besar akan memberikan energi lima kali lebih banyak, tenaga enam kali lebih besar dengan jarak tempuh lebih jauh 16%," kata Elon Musk.

"Kami tidak memiliki mobil yang terjangkau. Itu adalah sesuatu yang akan kami miliki di masa depan. Tetapi kami harus menurunkan biaya baterainya," kata Musk.

Tonton Video "Momen Lucu Saat Elon Musk Lupa Nama Anaknya yang Rumit"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)