Jakarta –

Pameran otomotif Beijing Auto Show kembali digelar ketika China mulai bangkit setelah dilanda virus Corona. Tidak banyak pabrikan besar yang memperkenalkan produk baru di sini, tapi ini kesempatan bagi merek lokal untuk pamer.

Produk yang ditawarkan merek lokal ini cukup aneh. Alih-alih memberikan ciri khasnya, mobil-mobil di bawah ini justru mengadaptasi mobil-mobil populer dari Amerika Serikat dan Eropa.

1. SS Dolphin Songsan

Banyak brand lokal China yang unjuk gigi dengan adaptasi mobil dari merk lain. Foto: Autoblog

SS Dolphin Songsan terinspirasi dari Chevrolet Corvette tahun 1950-an klasik. Sekilas mobil ini memang sama, namun jika dilihat banyak perbedaan yang membuatnya berbeda.

Ambil contoh bagian belakang, di mana garis Corvette sangat jelas dan ringan serta berotot tidak berarti bagian belakang yang lebih besar dengan mobil ini. Itu mungkin tidak mengejutkan karena SS Dolphin hampir 30 cm lebih panjang dari Corvette 1958.

Di bawah kap adalah mesin 1.5 liter turbocharged dan motor listrik kombo yang didukung oleh baterai 16 kWh yang dibuat oleh BYD. Songsan mengatakan dapat menempuh sekitar 60 mil dengan tenaga listrik dan berlari dari 0-100 kpj dalam waktu kurang dari 5 detik.

2. Songsan Musim Panas

Banyak merek lokal Cina yang unjuk gigi dengan adaptasi mobil dari merek lain. Foto: Autoblog

Bagi penyuka mobil, VW Kombi adalah mobil yang sangat ikonik dan legendaris. Saat melihat Songsan Summer, Anda akan langsung menilai mobil ini mengambil gaya VW Kombi.

Lebih tepatnya, Summmer dibuat menyerupai konsep mobil listrik VW Id Buzz yang memang mengadaptasi VW Kombi. Musim panas pun, sebuah VW Kombi yang dibuat lebih futuristik dan memiliki hidung yang agak lancip.

Sementara, tenaga penggerak Songsan Summer masih sama dengan Songsan SS Dolphin berdasarkan informasi yang didapat Autoblog.

3. Futuris Tembok Besar

Banyak brand lokal China yang unjuk gigi dengan adaptasi mobil dari merk lain. Foto: Autoblog

Mobil oleh Great Wall, yang disebut Futurist, adalah sebuah konsep. Berbeda dengan kedua mobil di atas, Futurist meniru beberapa desain mobil dan memadukannya.

Saat melihat mobil ini, Anda bisa merasakan aura BMW, Fiat dan Ford. Konsep keseluruhan mobil ini didandani dengan gaya retro modern.

Futuris dilaporkan dapat menerima berbagai opsi powertrain, tetapi konsep yang dipamerkan sepenuhnya elektrik. Tidak banyak informasi yang bisa dikumpulkan, namun mobil tersebut diklaim memiliki jarak tempuh 643 km dengan sekali pengisian.

4. Hongqi E-HS9

Banyak merek lokal Cina yang unjuk gigi dengan adaptasi mobil dari merek lain. Foto: Autoblog

Materi cheat mobil ini bukanlah mobil sembarangan. Hongqi E-HS9 meniru bentuk Rolls-Royce Cullinan, SUV mewah berukuran besar. Penampilan seperti Rolls-Royce Cullinan Hongqi E-HS9 ini terutama pada wajah bersudut dengan gril air terjun dan skema warna dua nada.

Hongqi E-HS9 akan dijual di China dengan sistem penggerak listrik. Ada motor listrik di setiap gardan, 215 tenaga kuda di depan dan 328 di belakang. Di dalamnya ada dashboard digital lengkap, serta sentuhan mewah berbahan kayu dan kulit.

Tonton Video "DFSK I-Glory Auto China: Harga Manusia, Fitur Berlimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lth)