Jakarta – Selain mesin dan komponen logam, bagian lain dari motor yang perlu diperhatikan adalah bodi. Tubuh motor itu penting karena memiliki fungsi untuk mendukung penampilan motor agar tetap dingin dan enak dipandang.

Karena itu, bagi detikers yang menjadi pengendara sepeda motor, harus memperhatikan kondisi cat di bodi sepeda motor agar selalu ramping dan tidak mudah kusam. Seperti dikutip dari situs mpmhondajatim, ada 4 cara untuk merawat cat sepeda motor.

Apa langkah-langkahnya?

Pertama adalah mencuci sepeda motor secara teratur. Namun harus diingat, selalu gunakan sabun khusus untuk mencuci sepeda motor. Dan selalu gunakan kain yang berbeda untuk mencuci bagian yang kotor. Terutama bagian atas motor dan kaki-kaki motor, yang meliputi mesin dan roda.

Setelah dicuci, jangan lupa untuk selalu membersihkan badan motor. Soalnya, air yang tertinggal di badan motor bisa bikin terbentuknya titik air atau bintik-bintik jamur. Jadi pastikan badan motor dibersihkan kering menggunakan plas chamois (kanebo) atau kain microfiber.

Ketiga, yang perlu Anda hindari adalah memasang stiker yang tidak perlu. Jika memang diperlukan stiker (mis. Stiker parkir, stiker atau akses ke jalur tertentu) maka boleh saja.

Namun di luar itu, sangat disarankan untuk tidak menempelkan stiker di badan sepeda motor. Karena ada beberapa jenis stiker yang akan mengeras lama dan sulit dilepas.

Akhirnya, yang perlu diperhatikan adalah soal memilih lokasi parkir. Tempat parkir ada hubungannya dengan kondisi cat sepeda motor. Sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung saat memarkir sepeda motor.

Bisa dengan mencari tempat yang teduh atau membeli sarung tangan motor untuk memastikannya aman. Atau jika keadaan darurat, tutupi tubuh sepeda motor dengan jas hujan. Ingat, sepeda motor yang sering dikeringkan di ruang terbuka, catnya bisa cepat kusam, terutama untuk sepeda motor dengan cat berwarna seperti merah atau oranye. (lua / ddn)