Jakarta –

Helm yang digunakan untuk mengendarai sepeda motor setiap hari, tentu saja, harus dirawat secara rutin agar tetap nyaman. Ketika helm buram atau kotor dari debu jalan, tentu akan mengganggu visibilitas penggunanya, sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan karena kondisi jalan tidak terlihat jelas.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan para bikers dalam merawat helm kesayangan. Selain merawatnya di tempat khusus salon helm, pengendara motor juga bisa merawat helmnya sendiri dengan alat sederhana dan cara mudah.

Dikutip dari situs resmi Suzuki, membersihkan helm secara rutin dapat dilakukan dengan menggunakan kain lembut. Jika Anda melihat kotoran, pertama-tama bersihkan kotoran menggunakan pembersih tangan, sabun pencuci piring, atau sabun khusus untuk mencuci kaca helm.

Cara membersihkannya cukup mudah. Berikut tips perawatan helm:

1. Lepaskan kaca helm dari helm (langkah ini dapat dilewatkan jika Anda sedang terburu-buru).
2. Basahi kaca helm, lalu cuci dengan sabun sampai bersih. Ingat, gunakan sabun dan spons lembut agar gelas bersih dan tidak tergores.
3. Bilas gelas dengan air dan keringkan dengan kain plas chamois (chamois).
4. Terakhir, gunakan krim pembersih kaca secara merata, lalu lap bersih menggunakan kain atau kain lembut.

Untuk menjaga kualitas kaca helm tetap jernih, ada beberapa perlakuan khusus yang harus dilakukan sebagai perawatan rutin. Antara lain, bersihkan kaca helm sebelum digunakan, simpan helm di tempat yang aman atau jauhkan dari benda yang berisiko tergores, simpan helm di sarung khusus jika Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lama.

Kemudian simpan helm di penyimpanan helm ketika Anda akan memarkir sepeda motor di tempat umum, seperti tempat parkir dan lainnya, cobalah untuk menjaga agar helm tidak terkena sinar matahari terlalu banyak. Karena sinar matahari dapat menyebabkan kaca helm menjadi buram dengan cepat. Jika sudah tergores atau kacanya buram karena usia pakai terlalu lama (rata-rata 3-5 tahun), segera ganti dengan helm kaca baru.

Lihat videonya "Luar Biasa! Polisi Riau Gunakan Deteksi Virus Robocop Helmet"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / riar)