Jakarta –

Setiap orang yang berkendara dengan mobil tentu menginginkan kondisi kabin yang nyaman. Kabin yang nyaman harus memiliki AC yang sejuk. Ini sangat penting ketika kita bepergian di siang hari di bawah terik matahari.

Dikutip dari halaman Auto2000, ada 4 langkah mudah untuk menjaga kabin mobil agar tetap dingin di bawah. Apa langkah-langkahnya?

1. Bersihkan atau ganti filter AC

Cara terbaik untuk menjaga kabin mobil Anda tetap dingin adalah memastikan pendingin udara mobil berfungsi dengan baik. Filter AC mobil harus dibersihkan secara teratur. Karena sirkulasi udara yang buruk akan membuat AC bekerja lebih keras, sehingga memperpendek umurnya. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga akan lebih boros. Jika kondisi filter AC buruk, segera ganti komponen.

2. Nyalakan AC dalam Mode Terendah

Ketika AC dinyalakan untuk pertama kali setelah mesin dihidupkan, Anda harus menggunakan AC dari mode terendah terlebih dahulu. Ini perlu dilakukan agar AC bisa bertahan lebih lama. Menyalakan AC secara langsung dalam mode tertinggi dapat mempersingkat umurnya, juga membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

3. Gunakan Mode Sirkulasi-Ulang

Setelah kabin terasa cukup dingin, segera ubah AC menjadi mode sirkulasi ulang. Pengaturan ini membuat AC tidak menyedot udara panas dari luar, tetapi menggunakan udara dari dalam kabin

4. Matikan AC

Proses mematikan AC juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Selalu ingat, matikan AC sebelum mematikan mesin untuk melepaskan udara kering di kabin dan mencegah interior berjamur.

Lihat video "Kawasaki Ninja ZX-25R diluncurkan ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)