Jakarta – Pesawat menggunakan mesin sepeda motor masih jarang terdengar. Itu harus digarisbawahi, saat ini kita tidak membahas jenis Boeing atau Bombardier ya.

Tetapi kita membahas bahwa ada sejumlah pesawat kecil, ringan, menggunakan mesin dari motor roda dua, baik dari Honda, Kawasaki, Yamaha dan BMW. Seperti apa bentuknya? Selanjutnya, saya kutip dari rideapart.

CGS Hawk Photo: Pool (Rideapart)

1. CGS Hawk dengan mesin Honda GL500 Silver Wing

CGS Hawk menjadi pesawat ultralight tertutup coklat pertama yang mencapai landasan pacu pada tahun 1982. Namun pada tahun 2010 seseorang memutuskan untuk menukar mesin dengan Honda GL500 Silver Wing, mesin V-twin 497cc yang digunakan pada awal tahun 80-an.

Foto Pesawat Kayu: Kolam (Rideapart)

2. Pesawat Kayu dengan mesin Kawasaki 400 cc

Hary Doskicz adalah pilot dan mekanik pesawat terbang, karena keahliannya, tidak mengherankan bahwa ia mengembangkan pesawat kayu yang menggunakan mesin sepeda motor Kawasaki 400cc dua-tak.

"Kami membutuhkan tiga atau empat tahun untuk menyatukannya. Dibutuhkan beberapa pengujian terutama untuk mendapatkan kabel yang tepat, dan ada beberapa bagian yang kami isi untuk memastikan kabel itu tahan. [pesawat ini] Ini masalah sederhana, kami yang bekerja di setiap industri membawa kekuatan kami sendiri ke pesawat seperti ini. Ini canggih dengan caranya sendiri. Pesawat dapat menggunakan lebih banyak kekuatan, tetapi sebagaimana adanya, inilah yang seharusnya, "kata Harry Doskicz kepada Revzilla.

Nieuport 12 Replika Foto: Pool (Rideapart)

3. Nieuport 12 Replica dengan Yamaha XV1100

Pada awal tahun 90-an, seorang pria bernama Richard Giles membangun replika pesawat tempur Prancis di Perang Dunia I, Nieuport 12. Sementara pesawat aslinya menggunakan mesin 80-Le Le 80 atau 100 mesin, Giles menggunakan sesuatu yang berbeda untuk membuat pesawatnya terbang.

Bangga ketika baling-baling pesawat bisa dinyalakan dari mesin V-twin Yamaha XV1100, alias Virago. Giles memilih blok ini karena ringan (terbuat dari aluminium).

Replika Albatros Foto: Pool (Rideapart)

4. Replikasi Albatros L-39 dengan Mesin BMW S 1000 RR

UL-39 Albi adalah proyek Universitas Teknis Ceko di Praha untuk menguji serat karbon yang digunakan dalam cangkang pesawat.
UL-39 semuanya terbuat dari serat karbon dan beratnya hanya 704 pound. Pesawat ini menggunakan mesin BMW S 1000 R generasi sebelumnya dengan ECU yang disesuaikan.

Motorcyclist menyebutkan bahwa sebenarnya perancang pesawat mempertimbangkan untuk menggunakan mesin Yamaha R1 tetapi karena pertimbangan, BMW menghasilkan rasio power-to-weight yang lebih baik. (riar / lth)