Apakah Anda mengalami masalah dengan mobil Anda yang terlalu panas? Ini bisa menjadi masalah frustasi untuk menangani dan mendiagnosis. Artikel ini akan membahas beberapa alasan paling umum mengapa mobil dan truk menjadi terlalu panas.

Salah satu alasan paling umum untuk kendaraan yang terlalu panas adalah termostat yang macet. Ini dapat menempel atau membeku dalam posisi tertutup menghalangi aliran pendingin ke mesin Anda. Cara termudah untuk memeriksa apakah thermostat Anda tidak terbuka adalah dengan merasakan selang radiator atas. Setelah mesin memanas, seharusnya menjadi hangat. Jika tidak panas termostat mungkin tidak terbuka.

Penyebab umum kedua dari overheating adalah kebocoran pada sistem pendingin kendaraan Anda. Jika kendaraan Anda kehilangan pendingin, tidak akan cukup tersisa di dalam kendaraan untuk membuatnya tetap dingin. Ini mudah didiagnosis karena radiator akan kekurangan cairan dan mungkin akan ada kolam pendingin di lantai garasi Anda. Cari kebocoran di tempat yang paling umum seperti di sekitar selang dan di sekitar lasan radiator Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan kebocoran, Anda mungkin perlu membawanya ke toko untuk menguji tekanan sistem pendingin.

Penyebab ketiga adalah pompa air yang rusak. Pompa air adalah bagian penting dari sistem pendingin Anda karena pompa ini bertanggung jawab untuk mensirkulasikan pendingin melalui mesin Anda. Dengan pompa air yang rusak, kendaraan Anda tidak akan berjalan selama lebih dari beberapa menit tanpa terlalu panas.

Penyebab keempat overheating adalah kipas pendingin yang buruk. Ada dua jenis kipas, listrik dan mekanik. Kipas listrik akan menyala secara otomatis begitu kendaraan mencapai suhu operasi atau ketika AC dihidupkan. Jika tidak Anda harus diganti. Kipas mekanik akan bekerja sepanjang waktu tetapi memiliki kopling yang membuatnya menjadi lebih cepat ketika mesin memanas. Dengan mobil yang dimatikan kipas jangan terlalu mudah berputar apalagi saat kendaraan sedang hangat. Anda juga dapat memeriksa tanda-tanda kebocoran dari kopling kipas. Jika Anda melihat ada masalah, itu diganti.

Penyebab kelima dari overheating yang akan saya bicarakan adalah radiator yang tersumbat. Seiring waktu, radiator dapat mengumpulkan endapan karat dan serpihan. Hal ini terutama berlaku jika cairan radiator belum memerah secara teratur. Jika Anda mencurigai radiator yang tersumbat, Anda harus membawanya ke toko agar dibersihkan secara profesional.

Itu adalah beberapa penyebab paling umum untuk kendaraan yang terlalu panas. Kendaraan yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan besar pada kendaraan Anda. Jika Anda mengalami kesulitan pastikan untuk memperbaiki kendaraan Anda atau bawa ke mekanik yang berkualitas sesegera mungkin.