Tokyo – Carlos Ghosn dianggap sebagai tokoh penting di dunia otomotif. Sayangnya, kariernya yang berusia puluhan tahun dalam industri roda empat harus diakhiri secara dramatis. Dia ditangkap oleh pihak berwenang Jepang karena dugaan laporan keuangan penipuan.

Melalui tangan Carlos Ghosn, dia mengubah pabrikan mobil Renault dan Nissan yang hampir runtuh menjadi perusahaan yang kembali dihormati di dunia otomotif.

Siapa Ghosn? Berikut beberapa fakta menarik tentang Ghosn seperti detikOto kutip dari BBC:

1. Carl Ghosn sering disebut sebagai pahlawan, sejauh kehidupan Ghosn diabadikan dalam seri buku komik. Seri komik ini dikenal di Jepang.

2. Carlos Ghosn adalah orang Lebanon, lahir di Brasil dan warga negara Perancis. Latar belakang multinasional Ghosn membantunya beradaptasi dengan budaya yang berbeda.

3. Carlos Ghosn dijuluki Le Cost Killer di Perancis. Nama panggilan yang muncul setelah ia melakukan restrukturisasi besar-besaran di Renault.

4. Carlos Ghosn telah dicurigai sebagai calon presiden Libanon. Namun dia menolak karena dia sudah terlalu banyak bekerja di Renault dan Nissan.

5. Dalam jajak pendapat di Jepang pada tahun 2011, Ghosn termasuk dalam kepemimpinan bercita-cita dari orang Jepang. Ghosn menempati urutan ketujuh dalam daftar. Popularitasnya mengalahkan Barack Obama, yang berada di posisi ke-9.

Carlos Ghosn dan rekan-rekannya Direktur Nissan, Greg Kelly dituduh memanipulasi laporan keuangan. Ghosn melaporkan tingkat kompensasi lebih rendah dari yang diharapkan. Dia juga menggunakan aset perusahaan untuk keuntungan pribadi.

"Perusahaan ini tentu tidak dapat diterima, para ahli mengatakan manipulasi ini sangat serius dan cukup untuk membuat mereka," kata CEO Nissan Hiroto Saikawa pada konferensi pers di Tokyo pada Senin malam.

(ddn / ddn)