Jakarta –

Motor listrik belum memiliki populasi sebesar motor bensin. Namun, penerapan teknologi kelistrikan cukup luas dan sangat maju.

Tidak hanya skuter yang memiliki kekuatan kecil, ada juga motor listrik yang didedikasikan untuk mereka yang mencari adrenalin. Tidak selalu motor listrik juga hadir dengan gaya yang membosankan. Di bawah ini adalah 5 motor listrik paling kuat yang telah dijual di pasaran.

1. Nol SR / S

Motor listrik tercepat di pasaran saat ini. Foto: rideapart

Zero SR / S adalah motor listrik bergaya sport fairing yang siap menawarkan pengalaman balap di sirkuit. Motor listrik ini dilengkapi dengan 110 hp dan torsi 140 ft-lbs.

Bicara soal jarak tempuh, Zero SR / S dapat digunakan sejauh 130 km hingga 260 km, tergantung cara menggunakannya. Versi standar baterai sepeda motor ini dapat terisi penuh dalam 4,5 jam, sedangkan premiumnya 2,5 jam. Waktu pengisian daya dapat dipercepat lagi dengan opsi pengisian cepat 6 kW. Baterai standar dapat terisi penuh dalam 1,8 jam sementara baterai premium 1,5 jam.

Versi standar Zero SR / S dijual dengan harga USD 19.995 atau Rp. 293 juta. Sementara versi premium Zero SR / S dijual dengan harga USD 21.995 atau Rp 322 juta.

2. Nol SR / F

Motor listrik tercepat di pasaran saat ini. Foto: rideapart

Jika Anda tidak menyukai model fairing olahraga, Zero SR / F adalah jawabannya. Motor sport elektrik telanjang ini yang tentunya menawarkan pengemudi lebih ergonomis, lebih nyaman untuk sehari-hari.

Sepeda motor ini sedikit lebih murah walaupun spesifikasinya sama dengan model sport fairing di atas. Namun, Zero SR / F lebih ringan dari Zero SR / S.

Untuk harga, Zero Zero SR / F standar dibanderol dengan harga USD 19.495 atau Rp 286 juta sedangkan premiumnya adalah USD 21.495 atau Rp 315 juta.

3. Energica Ego dan Ego +

Motor listrik tercepat di pasaran saat ini. Foto: rideapart

Merek motor listrik besar yang tidak kalah dengan Zero adalah Energica. Energica Ego dan Ego + menawarkan motor listrik dengan gaya sport fairing.

Energica Ego memiliki torsi 145 hp dan 148 ft-lbs, sedangkan Ego + mendapat torsi 159 ft-lbs. Jarak tempuh sepeda motor ini mencapai 200 km untuk Ego dan 402 km untuk Ego +. Baterai dapat dengan cepat diisi hingga 80 persen dalam waktu 40 menit.

Harga Ego mulai dari USD 19.540 atau Rp. 288 juta sedangkan Ego + USD 23.870 atau Rp. 350 juta.

4. Energica Eva Ribelle

Motor listrik tercepat di pasaran saat ini. Foto: rideapart

Mirip dengan Zero, Energica juga menawarkan model olahraga telanjang melalui Energica Eva Ribelle. Spesifikasi dapur Energica Eva Ribelle sangat mirip dengan Ego +, hanya saja tampilannya berbeda.

Harga Energica Eva Ribelle sedikit lebih murah dibandingkan dengan Ego +. Energica Eva Ribelle dibanderol mulai dari USD 22.160 atau Rp 325 juta.

5. Damon Hypersport HS dan Premier

Motor listrik tercepat di pasaran saat ini. Foto: rideapart

Motor listrik ini belum ditemukan di jalanan tetapi keran pemesanan telah dibuka dan siap untuk diberikan kepada konsumen pada tahun 2021. Pemesanan sepeda motor ini juga penuh dengan personalisasi seperti membeli mobil mewah.

Sepeda motor ini menawarkan 200 hp dan jarak tempuh hingga 320 km. Baterai sepeda motor ini dapat terisi penuh dalam waktu kurang dari 3 jam.

Perbedaan antara Damon Hypersport HS dan Premier tidak di dapur memacu tetapi pada penggunaan beberapa komponen. Tipe utama akan mendapatkan rem Brembo dan suspensi Öhlins.

Damon Hypersport HS dibanderol dengan harga USD 24.995 atau Rp366 juta sedangkan Damon Hypersport Premier dihargai USD 39.995 atau 587 juta.

Lihat video "Menggunakan Motor Listrik, Inspeksi Aset PLN Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / din)