Jakarta – Era digital tidak lantas membuat warga negara Indonesia malas datang ke dealer sebelum membeli kendaraan, terutama mobil. Menurut hasil studi PT Toyota-Astra Motor (TAM), orang Indonesia masih suka datang ke dealer dan test drive sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

Saat ini, akses informasi sangat mudah dan beragam. Membandingkan kendaraan memungkinkan untuk dipertimbangkan sebelum membeli kendaraan. Tapi, meski seperti itu orang Indonesia masih butuh test drive.

"70 persen konsumen yang telah melakukan test drive segera melakukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan). Jadi kami ingin memberikan lebih banyak pengalaman kepada konsumen mengenai masalah ini," kata Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Dia juga menyatakan bahwa test drive itu penting karena ada hal-hal yang harus diyakinkan sebelum membeli kendaraan (mobil). Sebab, kendaraan itu akan digunakan selama bertahun-tahun.

Sejalan dengan pentingnya test drive, TAM membangun area besar yang khusus disebut Toyota Driving Experience (TDE). Area seluas hampir 10.000 m2 dirancang agar pelanggan bisa mendapatkan pengalaman pengujian kendaraan Toyota yang lebih spesifik.

"Biasanya test drive hanya dilakukan di jalan terbatas. Sekarang kami membangun area khusus yang telah dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk memberikan pengalaman yang lebih kompleks dan lengkap," kata Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Henry Tanoto.

Di area TDE, konsumen dapat menguji kenyamanan dan penanganan mobil, ada trek Smooth Asphalt, dapat mendeteksi HAC dan torsi awal mobil pada trek Slope Hill, area Speed ​​Bumb, putaran U, Turn, Slalom / Zigzag, ke tempat parkir.

Unit mobil yang disediakan juga tidak tanggung-tanggung. Ada Avaza baru, Innova, Sienta, Calya, Alphard, Voxy, C-HR, Yaris, Camry, hingga Toyota 86. Bagi mereka yang tertarik, Anda dapat memesan melalui layanan pelanggan di dealer terlebih dahulu (telepon atau kunjungan langsung).

Toyota menghabiskan Rp5,5 miliar untuk fasilitas ini. "Semoga konsumen akan lebih stabil sebelum membeli kendaraan Toyota dan memberikan pengalaman yang berbeda," kata Henry.

(ruk / ddn)