Lamborghini, atau Automobili Lamborghini S.p.A. seperti yang secara resmi disebut, menghasilkan beberapa mobil sport paling menarik di dunia. Beberapa model Lamborghini yang lebih baru adalah Countach, Diablo, Gallardo, dan Murcielago.

Fakta 1: Lamborghini diberi nama setelah pendiri perusahaan Ferruccio Lamborghini (1916-1993). Ferruccio Lamborghini mendirikan perusahaan pada tahun 1963 ketika dia berumur 47 tahun. Pabrik itu terletak di sebuah desa kecil Italia bernama Sant'Agata Bolognese dekat Bologna.

Fakta 2: Ferruccio Lamborghini adalah produsen traktor yang sukses sebelum dia tertarik dengan mobil sport. Ketertarikannya pada mobil sport membuatnya membeli banyak mobil berkinerja tinggi termasuk Maseratis dan Ferraris, tetapi dia tidak pernah benar-benar senang dengan salah satu dari mereka dan karena itu memutuskan untuk membangun mobil sportnya sendiri yang sempurna,

Fakta 3: Lamborghini digunakan untuk menjadi perusahaan independen, tetapi hari ini adalah anak perusahaan dari perusahaan Audi AG Jerman. Audi AG menjadi pemilik Lamborghini pada tahun 1998. Lamborghini bangkrut pada tahun 1978 dan dijual ke Chrysler sejak lama sebelum Audi AG menjadi satu-satunya pemilik perusahaan.

Fakta 4: Lamborghini tercepat adalah versi Le Mans dari model Murcielago R-GT. Telah dilaporkan memiliki kecepatan tertinggi 370 km / jam. Model jalan tercepat dari Lamborghini adalah Murcielago LP640 dengan perkiraan kecepatan tertinggi 340 km / jam. Kedua model ini memiliki mesin V12 dengan lebih dari 6000 cc.

Fakta 5: Beberapa model Lamborghini yang lebih baru menampilkan pintu gunting Lamborghini yang sudah dikenal yang berputar ke atas dan ke depan pada engsel dekat bagian depan pintu. Countach, Diablo, dan Murcielago semuanya memiliki pintu gunting, tetapi Gallardo tidak. Baik Countach maupun Diablo tidak lagi diproduksi, sehingga Murcielago adalah satu-satunya model saat ini dengan pintu gunting.

Fakta 6: Tidak ada Lamborghini yang pernah diproduksi dengan mesin kurang dari V8. Sebagian besar model Lamborghini sepanjang sejarah perusahaan telah datang dengan mesin Lamborghini V12 legendaris, tetapi model terbaru, Gallardo, hanya memiliki mesin V10. Tidak ada model Lamborghini dengan mesin V8 sejak produksi Silhouette berhenti pada tahun 1989.

Fakta 7: Lamborghini pertama adalah 350GTV dari tahun 1963. Itu sangat cepat untuk waktu dengan kecepatan tertinggi 280 km / jam. Pada tahun 1964, versi 350GTV yang lebih kecil muncul. Versi yang lebih kecil disebut 350GT dan memiliki kecepatan tertinggi 240 km / jam. Countach dari 1974 adalah Lamborghini pertama yang berjalan lebih cepat dari 300 km / jam.

Fakta 8: Pada tahun 1975 Walter Wolf, seorang pengusaha kaya Kanada dan pemilik tim balap F1, membujuk Lamborghini untuk memproduksi tiga model Countach bertenaga super. The Countach Serigala memiliki mesin yang sama dengan prototipe Countach asli dan mampu mencapai kecepatan tertinggi 315 km / jam.