Pyongyang – Semakin banyak fitur di mobil ini semakin canggih. Pabrikan mobil berlomba-lomba membuat fitur canggih di dalam mobil demi keselamatan pemiliknya. Tetapi tampaknya fitur-fitur canggih dalam mobil sulit ditemukan di Korea Utara.

Media Inggris The Sun mengatakan pada pertengahan 2018, mobil baru yang meluncur di Korea Utara hanya memiliki fitur seperti power steering ke AC. Dalam brosur yang mengutip mobil bermerek Naenara, mobil di bawah perusahaan Chongpung JVC menawarkan power steering dan pendingin udara sebagai keunggulan. Tombol start / stop juga merupakan salah satu barang mewah di SUV plus alarm sensor.

Mobil maksimum dapat dikendarai hingga kecepatan 180 km / jam. Di Korea Utara, mobil jarang terlihat melintas. Hanya produsen lokal yang diizinkan menjual mobil di sana.

Di negara Kim Jong Un, kepemilikan mobil memang terbatas dan cukup ketat. Tidak semua orang bisa membeli mobil di sana. Hanya orang-orang tertentu yang diizinkan memiliki mobil. Seperti misalnya dari kalangan pemerintah atau militer.

Selain itu, penggunaan BBM juga terbatas. Pengemudi di sana kesulitan mengisi bahan bakar. Hanya diplomat atau organisasi internasional yang masih dapat mengantri untuk membeli BBM.

Tidak banyak iklan mobil. Dalam catatan Autotrader, hanya ada beberapa iklan. Di ibu kota Pyongyang, misalnya, hanya ada satu iklan mobil di pinggir jalan. Ditambah lagi tidak ada mobil melintas di depan papan reklame.

Begitu sedikit pemilik mobil di sana, bahkan rasio 1 hingga 10 mobil untuk 1.000 orang. Hampir mirip dengan perbandingan orang yang memiliki pesawat jet. (kering / ddn)