Jakarta – BMW Isetta adalah salah satu mobil dengan desain yang mungkin tidak akan pernah dilupakan dari sejarah dunia otomotif. Mobil unik yang pintunya dibuka dari depan ini ternyata berada di Indonesia dengan kondisi cat aslinya.

Mobil itu tampaknya akan ditampilkan pada peringatan 2 tahun Bimer Benz Indonesia (BBI) pada Sabtu (26/1/2019) di daerah Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Tentu saja kehadiran mobil merupakan daya tarik utama di antara berbagai mobil Mercedes-Benz dan BMW yang bertemu pada kesempatan ini.

"Di sini yang tertua adalah Isetta di 55. Ini sejauh yang saya tahu dan juga pertama kali ditunjukkan di Jakarta," kata Pendiri BBI, Pae Bowo ketika bertemu di ulang tahun ke-2 BBI di Gedung Kantor Pintar Telkomsel, Jakarta Selatan.

Hebatnya, mobil yang ada di acara itu adalah mobil tangan pertama sejak pertama kali dibeli.

"Itu adalah tangan pertama dari mobil baru yang asli dan masih bisa berjalan. Itulah sebabnya banyak yang terkejut mobil ini ada di Indonesia," kata Bowo.

Sekedar informasi, Isetta sendiri adalah mobil Italia berdesain mini yang memberikan izin untuk diproduksi di berbagai negara seperti Argentina, Spanyol, Belgia, Prancis, Brasil dan Jerman. Mobil ini juga menduduki puncak penjualan mesin satu silinder terbanyak di dunia dengan total 161.728 unit.

Untuk versi buatan Jerman yang diproduksi oleh BMW mobil ini cukup panjang di jalur produksi. Selama sekitar 7 tahun pabrik BMW membuat mobil ini dari tahun 1955 hingga yang terakhir pada tahun 1962 (rip / dry)