Jakarta – Sektor transportasi umum membaik. Tidak hanya bus, kereta yang dapat menampung lebih banyak penumpang sedang dipersiapkan oleh pemerintah melalui MRT dan LRT.

Harapannya adalah mengurangi kemacetan di jalan. Pemilik kendaraan pribadi diharapkan dapat beralih menggunakan transportasi umum.

Penjualan mobil diprediksi menurun. Apalagi mobil yang mengisi segmen Low Cost Green Car (LCGC). Mobil LCGC, juga biasa disebut mobil murah, diprediksi tidak akan tumbuh karena berbagai faktor, salah satunya adalah pembangunan MRT yang akan selesai.

"Apalagi nanti angkutan umum akan dilakukan dan kalau bicara soal tempat parkir, jangan orang lebih suka motor," kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto.

Keinginan orang untuk memiliki mobil mulai berkurang sejak adanya layanan transportasi online. Menurut Soerjo, dengan transportasi online, orang tidak perlu repot membeli mobil, mereka ingin pergi ke mana pun, memesannya.

Ditambah lagi pengguna layanan tidak perlu repot menyisihkan uang untuk biaya perawatan. Transportasi online yang baik memang menjamur seiring dengan kemajuan teknologi.

Penjualan LCGC sedang disorot setelah pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengatakan akan mengenakan pajak 3 persen pada deretan mobil murah. Sebelumnya LCGC tidak dikenakan PPnBM. (kering / bulan)