Jakarta –

Tol Cipali menggunakan speed gun untuk menindak pengendara yang melaju di atas 100 km / jam. Operasi speed gun tersebut dilakukan polisi bekerjasama dengan ASTRA Tol Cipali, belum lama ini.

PT Lintas Marga Sedaya yang kini bernama ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) bersinergi dengan Korlantas, Kepolisian Daerah dan Komite Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT), untuk mengkampanyekan Bulan Keselamatan Berkendara, melalui Kick Off yaitu Bertempat di KM 102 Rest Area arah Palimanan (21/9).

“Ini salah satu upaya ASTRA Infra dalam meningkatkan layanan keselamatan berkendara di jalan tol sekaligus memperingati Hari Lalu Lintas 22 September 2020. Kampanye yang dipusatkan di Tol Cipali ini juga akan berlaku di seluruh ruas tol ASTRA Infra. Diharapkan dengan adanya program 3E: Engineering, Education and Enforcement ini dapat menciptakan berkendara yang mulus, aman dan nyaman, ”ujar CEO Grup Bisnis Jalan Tol ASTRA Infra, Krist Ade Sudiyono, dalam keterangan resminya.

Bersamaan dengan itu, polisi juga menindak operasi speed gun untuk kendaraan yang melanggar batas kecepatan maksimal 100 km / jam. Pada kesempatan ini juga dipasang 100 stiker reflektor sehingga bisa terlihat pada malam hari untuk kendaraan yang tidak memiliki stiker di bagian belakang kendaraan.

Program Penindakan dengan penegakan speed gun sudah dimulai sejak Maret 2019 dan dilakukan secara rutin setiap 2 bulan sekali bekerja sama dengan Polda Jabar dan Badan Patroli Jalan Raya (PJR).

Pengemudi diharapkan selalu menaati rambu dan aturan lalu lintas, dengan batas kecepatan minimal 60 km / jam dan maksimal 100 km / jam. Jika Anda lelah saat telah berkendara selama 4 jam atau saat mulai mengantuk saat berkendara, pengguna jalan dapat menggunakan fasilitas 8 Rest and Service Point (TIP) atau tempat istirahat yang telah disediakan di sepanjang Jalan Tol Cipali.

Selain operasi speed gun, tindakan Over Load Over Dimension (ODOL) juga telah dilakukan setiap 3 bulan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan sejak 2018. Tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan.

Tonton Video "Korban Kecelakaan Maut di Jalan Tol Cipali Mendapat Santunan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)