Jakarta – Jangan hanya menggunakan Sport Utility Vehicle (SUV) untuk berbelanja di pusat perbelanjaan atau pusat perbelanjaan. Sesekali cobalah di habitat alaminya, offroad.

Bermain offroad dengan SUV besar mungkin sudah biasa. Tapi detikOto dan CNN Automotive punya cara berbeda untuk menguji SUV besar yang dijual di Indonesia.

Ada empat SUV yang kali ini diuji, yaitu Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Chevrolet Trailblazer, dan Isuzu mu-X. Pengujiannya juga sederhana, Otolovers hanya ingin tahu suspensi dan stabilitas mobil. Tantangannya disebut menghemat air. Pajero Sport dan Fortuner diuji oleh tim CNN Automotive sementara Isuzu mu-X dan Trailblazer oleh tim detikOto.

Segelas air ditempelkan ke bagian tengah kap mesin mobil. Kemudian masing-masing SUV ini melintasi jalur offroad di Desa Pelangi Sentul. Kemudian mobil harus berkeliling trek offroad.

Tantangan ini bisa dikatakan mudah, mudah karena selain harus memastikan volume air dalam gelas tetap penuh, tetapi catatan waktu juga dipertimbangkan.

Seperti trek offroad umum, jalan bergelombang, berbatu, dan licin adalah tantangan bagi pengemudi. Bahkan ada satu pengemudi yang berjuang ketika mendaki di jalan berpasir. Ban harus tergelincir untuk sementara waktu.

Tidak melupakan keterampilan dan kesabaran pengemudi diperlukan dalam menyelesaikan tantangan menghemat air saat ini. Jadi yang mana yang terbaik di antara empat SUV? Ini berarti mobil tidak mengalami banyak getaran dan lebih stabil sehingga air dalam gelas bisa utuh.

Dari catatan kedua, gelas air di kap Mitsubishi Pajero Sport masih penuh. Tempat kedua diisi oleh Isuzu mu-X diikuti oleh Chevrolet Trailblazer, dan akhirnya Toyota Fortuner.

Namun soal catatan waktu, Chevrolet Trailblazer adalah yang tercepat dengan 5 menit 41 detik. Kemudian posisi tercepat kedua adalah Mitsubishi Pajero Sport selama 6 menit 37 detik. Waktu terbaik ketiga ditempati oleh Isuzu mu-X dengan 6 menit 49 detik. Posisi terakhir ditempati oleh Toyota Fortuner selama 36 menit 40 detik.

Durasi Fortuner disebabkan oleh selip ban sehingga harus didorong terlebih dahulu dan kemudian dapat melanjutkan perjalanan.

Jadi tantangan menghemat air kali ini dimenangkan oleh Mitsubishi Pajero Sport. Dalam tantangan kali ini Anda bisa mengatakan Pajero Sport paling stabil. Namun perlu diingat juga bahwa keterampilan pengemudi berperan dalam tantangan ini.

Ini bukan satu-satunya tes yang dilakukan oleh detikOto dan CNN Automotive pada empat SUV besar. Masih ada tantangan dalam pengujian bahan bakar untuk membuktikan siapa yang paling ekonomis SUV. Siapa yang akan menang nanti?

Tonton juga & # 39; Suspension Fight 4 SUV Bongsor, Mana yang Terbaik? & # 39 ;:

[Gambas:Video 20detik]

(kering / ddn)