Jakarta –

Selamat jika Anda baru saja berhasil mengendarai sepeda motor melewati banjir. Jangan senang dulu, segera lakukan beberapa tindakan ini agar motor tidak masuk angin dan performa kendara Anda tidak terganggu.

Menembus banjir sebenarnya tidak dianjurkan. Terlalu banyak risiko yang mungkin timbul yang bisa membahayakan pengendara.

Tapi kadang-kadang kita tidak punya pilihan selain melewati air yang agak tinggi. Jika Anda telah berhasil melewatinya, ada beberapa pemeriksaan kecil yang harus Anda lakukan pada sepeda motor.

Dikutip dari berbagai sumber, inilah bantuan pertama yang dapat Anda lakukan setelah menerobos banjir:

1. Periksa Ban

Saat mengemudi melalui banjir atau genangan air, kita tidak bisa melihat permukaan jalan. Mungkin kita tidak sadar, sepeda motor bisa melindas benda tajam seperti paku atau pecahan kaca.

Pastikan ban diperiksa dengan benar sehingga benda tajam tidak membuat ban bocor. Jika benda tajam dihilangkan, pastikan benda itu menyebabkan kebocoran.

2. Pengereman dan Pemeriksaan Kopling

Rem dan kopling dioperasikan menggunakan kabel. Setelah terendam, air harus diperiksa korosi (karat) pada kabel. Korosi dapat menyebabkan kopling dan rem menjadi keras, ini tentu berbahaya.

3. Lumasi rantai

Air kotor yang bisa bercampur dengan lumpur membanjiri rantai sepeda motor saat kita mengalami banjir. Ini berpotensi menyebabkan korosi, yang pada gilirannya menurunkan kinerja rantai. Bersihkan secara menyeluruh dan lumasi juga.

4. Bersihkan sampah yang menempel

Hampir pasti terjadi, banjir membawa sampah dalam jumlah kecil. Mulai dari daun kering, pembungkus makanan plastik, potongan kain dan sebagainya.

Jika benda macet di ban depan, bisa mengganggu putaran ban. Bahkan bisa sangat berbahaya. Bersihkan secara menyeluruh sehingga tidak ada yang tertinggal.

5. Hati-hati terhadap sensor yang rusak

Sepeda motor masa kini telah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti ABS, tikungan ABS, kontrol traksi, pilihan mode mengemudi, hingga suspensi yang dapat disesuaikan.

Satu hal yang perlu diingat, motor ini tidak & # 39; tahan air & # 39 ;. Menerobos banjir mungkin memengaruhi pekerjaan sensor. Lakukan inspeksi ke bengkel resmi untuk menghindari kerusakan.

Lihat video "Penampakan Banjir Pelopor Perintis Pulogadung"
[Gambas:Video 20detik]
(din / rgg)