AHM masih mengkaji dan meminta masukan dari publik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tren kendaraan bermotor elektrik nampaknya hanya menunggu waktu dan peraturan dari pemerintah. Tahun ini Indonesia Motorcycle Show (IMOS) adalah kesempatan bagi pemegang merek (APM) untuk mulai memperkenalkan sepeda motor listrik utama mereka.

Inisiasi ini diprakarsai oleh Astra Honda Motor (AHM), yang memperkenalkan Honda PCX Electric. Meski hanya motor konsep, kehadirannya telah menarik perhatian sejumlah pengunjung, terutama awak media massa.

PCX listrik yang diperkenalkan dilengkapi dengan baterai dalam bentuk paket daya mobile Honda yang berfungsi sebagai kekuatan pendorong. Kehadirannya di IMOS disertai produk Honda lainnya yang telah diperkenalkan sebelumnya, PCX hybrid dan Forza.

Namun, AHM sejauh ini mengaku masih mempelajari lebih lanjut, termasuk mencari masukan dari masyarakat. Ada lima finalisasi yang harus dipelajari termasuk menganalisis hambatan yang muncul ketika dipasarkan karena banyak orang terbiasa menggunakan sepeda motor berbahan bakar bensin.

Masalah infrastruktur juga harus disiapkan agar kendaraan ini mudah dioperasikan, pengembangan sistem kelistrikan, kebijakan pemerintah yang jelas, pajak kendaraan bermotor dan pemborosan yang harus ramah lingkungan. "Kami masih belajar, untuk finalisasi," kata Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT AHM di sela-sela pembukaan IMOS, Rabu (31/10).

Selain sepeda motor listrik, AHM juga memperkenalkan konsep sepeda motor yang digerakkan oleh transmisi otomatis (skuter), dijuluki proyek G. Skutik yang memiliki warna perak yang sengaja disajikan di IMOS untuk melihat respon pasar skuter di negara tersebut. Termasuk kebutuhan kapasitas mesin dan model yang diinginkan. "Kami masih mempelajari kepentingan publik," kata Thomas.

Pada tahun ini IMOS AHM menghadirkan 37 barisan terbaru dari berbagai jenis kendaraan. Dengan mengusung tema Do The Impossible, PT AHM berharap dapat menginspirasi pecinta kendaraan roda dua, terutama penggemar produk Honda untuk bermimpi besar. Sehingga mereka dapat menciptakan hal-hal luar biasa melalui gaya hidup masing-masing.

PT AHM juga menyiapkan zona gaya hidup yang menampilkan berbagai produk Honda dengan desain yang unik, seperti Honda supercub C125, Honda Monkey dan Stylish Scoopy. Untuk pecinta petualang ada berbagai seri Honda CRF. Seperti CRF150L, ​​CRF250 rally, hingga CRF1000L Africa Twin. Di zona Cruiser, Honda Goldwing, CMX500 Rebel, CB 650F dan CB 500F muncul.