Jakarta – Pemerintah sedang menyiapkan peraturan tentang kendaraan bermotor hemat energi dan terjangkau (KBH2) atau volume mobil ramah lingkungan rendah (LCGC) II.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, volume kedua LCGC akan keluar bersama dengan peraturan tentang kendaraan rendah emisi karbon (LCEV) atau kendaraan rendah emisi. Kabarnya peraturan tersebut keluar pada bulan April.

"Kami masih melakukan ini (dirancang). Karena LCGC adalah mayoritas di Indonesia. Dan kami akan melanjutkan proyek ini karena ini cukup baik," kata Nangoi seusai konferensi pers GIIAS di Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (26/02). 2019).

Menyambut volume II LCGC, apakah produsen menyiapkan produk baru? Sebab, kabarnya LCGC volume II akan mengatur mobil LCGC untuk menghemat lebih banyak bahan bakar. Jika kebutuhan konsumsi bahan bakar harus 20 km / liter, dalam volume II akan ditingkatkan menjadi 23 km / liter.

"Jadi posisi kami sedang menunggu, dan tentu saja menyesuaikan dengan kondisi peraturan. Persiapan sebenarnya LCGC kami berada dalam posisi yang sangat baik lokalisasi, sebenarnya sejalan dengan target pemerintah. Maka porsi LCGC adalah sekitar 20 persen dari pasar, saya pikir target diterapkan pemerintah untuk LCGC sudah tercapai. Apa hal berikutnya yang harus dilakukan, tergantung pada program pemerintah, kita melihat itu bukan LCGC lagi tapi mungkin ke arah listrik kendaraan atau hibrida dan kami mulai mempersiapkan ke arah itu, "kata Anton Jimmi. ini.

Mengenai target konsumsi bahan bakar 23 km / liter, Toyota akan menyesuaikannya. Tinggal bagaimana tugas pabrikan otomotif untuk mencapai target tersebut.

Jadi, untuk menyambut LCGC volume kedua, akankah Toyota meluncurkan LCGC baru? Atau cukup perbarui Calya dan Agya?

"Saat ini, Calya-Agya masih relatif baru, hanya perubahan kecil. Tampaknya platform yang digunakan akan tetap sama. Tetapi nanti tergantung, jika pemerintah mengeluarkan peraturan baru, biasanya transmisi mesin disesuaikan. Jika kami produk-produk baru tidak berkomentar, kami menunggu peraturannya sekarang. Calya baru diperkenalkan pada akhir 2016. Jadi itu relatif baru, "kata Anton (rgr / ddn)