Jakarta –

Kasus kaca spion Toyota Alphard Quraish Shihab di kediamannya masih menarik perhatian. Selain itu, Najwa Shihab mengatakan bahwa alarm mobil tidak berbunyi ketika kaca spion dilepas oleh pelaku. Bagaimana bisa?

Alarm tidak berbunyi ketika kasus pencurian kaca spion dimungkinkan. Itu dikonfirmasikan oleh Manajer Layanan Auto2000 Cilandak, Suparna, dalam percakapan dengan detikOto.

"Kami tidak tahu apakah alarm berfungsi atau tidak? Alarm mungkin berfungsi, tetapi kami tidak tahu. Karena kami tidak melihat Toyota Alphard (milik shihab Quraysh). Tetapi jika ditanya, apakah mungkin jika Kaca spion Toyota Alphard dirilis tanpa bunyi alarm, jawabannya bisa, "kata Suparna.

Namun Suparna juga menjelaskan, kerusakan alarm Toyota Alphard saat pencurian terjadi bukan tanpa alasan.

"Jadi kalau kita melepas komponen tertentu tanpa menimbulkan getaran signifikan, ya alarm tidak akan berfungsi. Karena ada sensor getar. Jika Anda melakukan pelepasan dengan sangat hati-hati maka ia tidak akan berfungsi (alarm mobil-Red)," kata Suparna.

Lalu apakah itu berarti sensor getar Toyota Alphard sengaja dibuat tidak terlalu sensitif?

"Bagi kami, untuk sensor getar itu sangat sensitif, nanti ketika ada motor alarm yang akan menjerit dan orang-orang biasa akan protes," kata Suparna.

"Jadi kami atur pengaturan yang paling cocok, sehingga tidak mudah terdengar, tetapi tidak keras kepala atau tidak akan berfungsi saat ada getaran," tambah Suparna.

Suparna memprediksi kemungkinan pencuri kaca spion Toyota Alphard, melakukan tindakan dengan sangat hati-hati. Dan itu bisa baik.

"Mungkin si pencuri bisa menjinakkan alarm. Ada pencuri yang bisa menjinakkan dengan frekuensi tertentu, akan terganggu dan fungsi alarm akan dinonaktifkan, atau pencuri ini bisa memutus jalur kabel. Tapi karena hanya kaca spion yang rusak, itu mungkin "Ini bukan pemutusan saluran kabel. Tapi pencuri ini sangat berhati-hati saat melepas kaca spion, "tambahnya.

Tonton Video "Peringatan Alarm Peringatan Rudal Palsu Membuat Warga Panik"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)