Jakarta –

Menjalankan bisnis penyewaan ambulans tidak berarti hanya pergi ke rumah sakit. Seringkali ambulans plat hitam bermain konser musim atau pertandingan olahraga.

Situasi darurat tidak tahu waktu dan tempat. Kondisi ini dilihat sebagai peluang oleh Affan Yuswono. Affan adalah pengusaha penyewaan ambulans plat hitam.

Dari beberapa pelanggan yang datang, tidak semuanya hanya berurusan dengan rumah sakit. Armada sering disewakan untuk berdiri ketika konser musik, acara olahraga atau acara besar lainnya diadakan.

"Mobil pasien itu (yang digunakan), jadi ambulans siaga di pesta pernikahan, acara olahraga, ada pengelasan pipa gas, sudah," kata Affan.

Soal perizinan untuk membuka bisnis sewa ambulans, dia mengaku, mudah didapat. Bahkan di luar Provinsi DKI Jakarta saat ini belum ada uji jenis kendaraan wajib.

"Untuk akta di yayasan, saya pernah mengkonfirmasi ke ambulans resmi di Jakarta, bahwa (SRUT) hanya akan berlaku di DKI, tetapi nanti akan ada kemungkinan nasional, sementara hanya di DKI, saya juga akan mencari tahu apa jenis izin lisensi (terbaru-Merah), "kata Affan saat berbicara dengan detikOto, Senin (17/2/2020).

Model kendaraan layanan ambulans dan paramedisnya dapat memperoleh izin dari departemen terkait.

"Izin untuk Layanan AGD 118 (Ambulans Darurat)," kata Affan

Layanan ambulans Affan saat ini mencakup pengiriman pasien dan mayat, baik di dalam kota maupun antar provinsi. Bahkan untuk menyeberang pulau mengantarkan tubuh.

Bisnis Affan yang masih bergulir saat ini berada di wilayah Kota Tangerang dengan empat armada. Namun, baginya, bisnis sewaan bukan hanya mencari untung.

Tonton Video "Tidak Ingin Menjadi Tipuan, PMI Menampilkan Konten Ambulans"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)