Bogor – PT Astra Honda Motor bersama jaringan main dealer dan Asosiasi Honda CBR (AHC) kembali menggelar Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2019 seri pertama di Sirkuit International Sentul, Jawa Barat. Seri pertama yang berlangsung pada 20 – 21 April 2019 diikuti sebanyak 200 starter yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satu pembalap belia adalah (11) Decksa Almer Alfarezel, ia mengatakan dirinya tertarik mengikuti ICE 2019 dengan tujuan agar bisa menjadi pebalap profesional sekaligus menimba pengalaman.

“Saya ingin menjadi pebalap mewakili Indonesia di kejuaraan Internasional, cita-cita saya masuk MotoGP,” ujar Decksa kepada detikcom di Sirkuit Internasional Sentul, Minggu (21/04/2019).

Mengingat masih di bawah umur izin yang diperoleh sang anak untuk bisa mengikuti balapan resmi juga tidak boleh sembarangan. Eks pebalap Honda Racing Team Wawan Hermawan mengungkapkan bahwa salah satu syarat yang dimiliki adalah Kartu Izin Start.

“Syarat nya itu punya KIS (Kartu Izin Start) licensenya itu dari IMI (Ikatan Motor Indonesia), meskipun lawannya lebih dewasa nggak masalah,” ucapan Wawan Hermawan kepada detikcom di Sirkuit Internasional Sentul, Minggu (21/04/2019).

Tak hanya memiliki izin, melatih bakat dan pengalaman pun terus diasah. Decksa dilatih bersama sang ayah di WH 19 Racing School di Ciamis, Jawa Barat.

“Sebenarnya khawatir juga, tapi kita sebagai orang tua perlu support kemauan anak. Berjenjang juga, seperti yang sudah dilakukan Astra Honda Racing Team. Saya ingin Decksa lebih hebat dari saya,” ujar Wawan yang pernah bertarung hingga tingkat Asia ini. (riar/dry)