Jakarta – Dalam waktu dekat, Toyota dan Daihatsu akan memperkenalkan model baru mobil keluarga Avanza-Xenia mereka. Dengan berbagai perubahan, pemilik lama Avanza-Xenia disebut masih menahan diri.

Manajer Senior Mantan Pertukaran Mobil WTC, Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, meskipun Avanza dan Xenia baru akan diperkenalkan, pemilik model lama tidak harus menjual mobil mereka. Ini terlihat dari banyaknya mobil yang termasuk dalam pasar mobil bekas.

"Tidak, itu tidak berpengaruh (jumlah massa Avanza dan Xenia jauh sebelum kedatangan model baru)," katanya ketika dihubungi detikOto melalui telepon, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Apalagi, lanjut Herjanto, pembeli mobil Avanza dan Xenia adalah orang-orang di luar Jakarta. "Avanza dan Xenia kebanyakan dibeli di luar Jakarta. Di masa lalu, mereka cepat masuk dan pergi (di pasar mobil). Sekarang tidak banyak," katanya.

"Bagi orang yang tinggal di kota-kota seperti Jakarta, dia lebih mencari city car atau jika dia benar-benar membeli mobil keluarga, dia lebih cenderung ke Mitsubishi Xpander atau pesaing Avanza-Xenia lainnya," lanjut Herjanto.

Toyota dan Daihatsu berencana untuk memperkenalkan model baru Avanza-Xenia pada 15 Januari 2019. Perubahan yang dilakukan oleh pabrikan raksasa Jepang itu tidak komprehensif. Secara kasat mata, perubahan sesungguhnya ada di bagian depan dan belakang serta di dalam.

Bagian depan, Toyota diberi sentuhan gaya desain Toyota Voxy dan Vellfire. Ini bisa dilihat pada lampu yang bertumpuk dan sempit. Kisi-kisi dibuat bertingkat sehingga tampak lebih mewah.

Sementara bagian belakang, ada perubahan desain lampu tepatnya di rumah lampu rem. Lis chrome dibuat lebih tebal dari model lama. Bumper menjadi pemandangan baru yang lebih melengkung.

Untuk interior, perubahan besar bisa dilihat dari audio digital dan AC. Toyota juga menyertakan fitur engine start / stop dalam model Avanza baru.

Perubahan pada Daihatsu Xenia dapat dikatakan mirip dengan Avanza baru. Namun belum diketahui persis apa perubahan yang terjadi pada interior. (ruk / ddn)