Jakarta –

Cairan anti bocor biasanya merupakan paket yang ditawarkan saat kita melakukan penggantian ban mobil. Cairan anti bocor dianggap membuat ban tubeless lebih sulit bocor. Karena klaimnya, cairan itu sendiri dapat menambal lubang di ban yang terkena benda tajam. Seberapa pentingkah memasukkan cairan anti bocor ke ban mobil?

Dikutip dari Auto2000, sejauh ini dealer resmi belum pernah melakukan pengujian produk anti bocor untuk ban tubeless. Artinya, tidak ada rekomendasi dari dealer resmi untuk pemilik mobil untuk menggunakan produk.

Namun yang pasti, penggunaan cairan anti bocor dapat mengganggu kinerja ban. Jika ada benda lain, dalam hal ini gel di ruang ban, objek akan berputar dan keseimbangan ban menjadi terganggu.

Tidak hanya itu, gel berwujud cair juga berpotensi menyumbat katup ban. Potensi dapat timbul dari cara itu digunakan melalui katup, jika tidak mengalir semua, itu akan menjadi sumbat di katup.

"Ketika gel bekerja menambal, itu akan menjadi benjolan dan berkumpul di salah satu tempat bocor. Ini bahkan akan membuat ban kehilangan keseimbangan putarannya. Bentuk cairan gel memang dapat mempengaruhi keseimbangan ban. Tapi itu tidak berlaku untuk produk yang bentuknya lebih berair. Tidak hanya dapat mempengaruhi keseimbangan ban, cairan anti bocor juga dapat merusak permukaan pelek bagian dalam. Itu karena rata-rata cairan anti bocor memiliki pH konten dan dapat menyebabkan karat berkarat, "tulis pernyataan Auto2000.

"Kandungan pH yang dimaksud adalah tingkat asam-basa yang digabungkan dalam mineral. Memang, kandungan ini adalah musuh besi atau logam lain karena menyebabkan karat ketika terlalu asam. Pilih cairan yang tidak memiliki pH. Saat bekerja menambal nanti itu tidak menggumpal, tetapi menjadi seperti selembar kertas yang mengisi dan menutup tempat bocor (bercak). Itu tidak menyebabkan putaran ban juga, "lanjutnya.

Jika detikers masih ingin menggunakan cairan anti bocor, disarankan untuk memilih spesifikasi dan bahan yang aman. Adalah ide yang baik untuk berkonsultasi dengan mekanik terlebih dahulu, Anda juga dapat bertanya kepada kolega yang telah menggunakan cairan anti bocor.

"Jika masalah pH aman tetapi ban terasa tidak seimbang? Lakukan penyeimbangan pada ban setelah menggunakan cairan anti bocor," katanya.

Lihat videonya "Breaking Tyres, Mobil Troupe Petakziyah di Pasuruan Keluar Dari Line"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / rgr)