Jakarta –

Selain Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), PT Pertamina (Persero) juga mengoperasikan Pertamina Shop (Pertashop) untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM).

Pertashop ini merupakan agen distribusi kecil yang melayani konsumen di tingkat desa yang jauh dari SPBU. Apakah ini dibuat untuk bersaing dengan Pertamini?

Manajer Unit Komunikasi & CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan mengatakan, Pertamini bukan bagian dari Pertamina. Pasalnya Pertamini menjual BBM dengan harga yang pasti berbeda dengan SPBU.

"Yang pertama kali ini jelas bukan Pertamina, mereka jual BBM dengan harga berbeda," kata Eko saat berdiskusi dengan Forum Jurnalis Otomotif, Jumat (11/9).

Eko melanjutkan, Pertashop dibuat untuk menjangkau daerah yang dirasa jauh dari SPBU. Produk yang dijual adalah bahan bakar jenis Pertamax, kemudian ada LPG yaitu Bright Gas.

“Pertashop ini kan lembaga penyalur di tingkat desa. Ini memperlebar akses masyarakat terhadap energi, jadi artinya bagi masyarakat yang tinggal jauh dari SPBU, makanya kita hadirkan di tingkat desa memang dalam skala kecil, tambah Eko.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Sales Area Pertamina Retail Banten, Probo Prasiddhahayu mengatakan, skema Pertamini biasanya mengambil peluang dari Pertamina dengan menjualnya kembali.

“Sebenarnya kami mendirikan Pertashop dan tidak ingin bersaing dengan Pertamini. Pemikiran kami ingin lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama yang berada di desa-desa terpencil di pedalaman pegunungan,” lanjutnya.

"Pertashop ini kami buka dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan, kualitas dan kualitas," kata Probo.

Pertamina menargetkan hingga akhir tahun sudah mengoperasikan 4.308 unit Pertashop di seluruh Indonesia. Hingga Agustus 2020 ada 500 unit Pertashop yang siap beroperasi di 23 provinsi di Indonesia.

Pertamina menegaskan Pertashop menyediakan BBM dengan harga dan kualitas yang sama dengan SPBU. Dosisnya juga pas dan tetap memperhatikan faktor keamanan.

Kapasitas minimal tempat penyimpanan bahan bakar adalah 3.000 liter sesuai kategorinya yaitu Gold, Platinum dan Diamond. Penyediaan dilakukan langsung oleh Pertamina melalui terminal BBM terdekat.

Tonton video "Dear Pertamina, Mulan Jameela Ajukan Harga Premium Setara Pertamax"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)