Pengendara bisa mengetahui kualitas udara di area yang dilalui Porsche tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART – Sejumlah konsumen mobil sport terkadang lebih menyukai mobil dengan mobil convertible. Sesekali pengendara bisa menikmati pagi atau sore hari dengan angin alami sambil menikmati paparan sinar matahari langsung.

Porsche juga merupakan salah satu pabrikan yang menawarkan mobil dalam bentuk convertible. Dilansir dari Car Advice, Kamis (8/10), guna semakin memanjakan konsumen, pabrikan asal Jerman tersebut kini juga menyediakan indikator kualitas udara melalui aplikasi Porsche Roads.

Dengan adanya fitur-fitur yang ada di aplikasi smartphone, pengendara dapat mengetahui bagaimana kondisi kualitas udara di kawasan yang akan dilalui. Artinya pengemudi dapat memutuskan kapan akan berkendara dalam mode udara terbuka atau mode kabin tertutup rapat sehingga dapat terhindar dari polusi.

Informasi tentang peringkat indeks kualitas udara (AQI) disusun oleh Porsche bekerja sama dengan perusahaan layanan intelijen cuaca bernama ClimaCell. Dengan kerja sama ini, pengemudi bisa mengetahui kondisi cuaca dan kualitas udara secara real time.

Melalui fitur ini, pengemudi bisa mengetahui kualitas udara dari warna yang ada di peta di aplikasi. Untuk membedakan kualitas udara, aplikasi Porsche Roads membagi jalur melalui tiga warna berbeda yaitu merah, kuning dan hijau.

Jika rutenya berwarna merah, artinya pengendara tidak boleh aktif atau melalui rute tersebut. Oleh karena itu, pengemudi juga disarankan untuk berpindah jalur atau menyesuaikan jadwal hingga kondisi udara di rute tersebut lebih baik.

Selanjutnya jika jalur berwarna kuning maka pengemudi bisa melalui area tersebut namun sangat disarankan untuk menutup jendela atau atap dan menyalakan AC.

Nah, jika jalurnya berwarna hijau, artinya pengendara bisa membuka jendela atau atap mobil dan bisa menikmati udara dengan kualitas terbaik. Selain membedakan jalur berdasarkan warna, aplikasi ini juga menyediakan skor AQI. Melalui indikator ini skor yang paling mendekati 100 menunjukkan bahwa kualitas udara di jalur tersebut semakin baik.

Porsche Roads merupakan aplikasi untuk iPhone dan dihadirkan sebagai media sosial khusus bagi para pecinta berkendara. Melalui aplikasi ini para pecinta road trip dapat saling terhubung dan berbagi tentang rute dan tujuan perjalanan terbaik yang dapat dijadikan alternatif.

Artinya aplikasi ini memudahkan pengendara untuk mencatat rute perjalanan dan tujuan yang telah dituju. Di satu sisi, meski aplikasi ini dikembangkan oleh Porsche, aplikasi ini bisa diunduh dan dinikmati oleh pecinta mobil merek apapun.