Penghitungan isi ulang mobil listrik tidak berdasarkan durasi melainkan keluaran tenaga.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Penggunaan mobil listrik di Amerika Serikat (AS) terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kebutuhan stasiun pengisian juga meningkat. Hal ini juga ditindaklanjuti oleh Electrify America (EA) yang merupakan salah satu penyedia layanan pengisian baterai kendaraan listrik (EV).

Dilansir dari Car and Driver, Jumat (18/9), melihat semakin banyaknya pengguna EV, EA pun mengubah cara penghitungan layanan isi ulang. Perubahan ini dilakukan agar perhitungannya lebih rasional dan adil.

Sebelumnya, EA menetapkan tarif per menit berdasarkan durasi penggunaan fasilitas isi ulang. Sekarang, EA mengubah patokan berdasarkan keluaran daya dalam satuan kWh.

Dengan satuan ini, perhitungannya sama dengan perhitungan pengisian bensin berdasarkan satuan volume yang dikeluarkan. Perubahan ini akan diterapkan ke semua fasilitas EA. Pada tahap awal, kebijakan baru diterapkan di 23 negara bagian dan District of Columbia.

Tarif yang diberlakukan sendiri sekitar US $ 0,31 per kWh hingga US $ 0,43 per kWh. Tarif termurahnya sendiri sudah bisa dinikmati konsumen yang sudah terdaftar di paket berlangganan.

Sebelumnya, tarif yang ditetapkan sekitar $ 0,12 hingga $ 0,16 per menit. Berdasarkan riset EA, ternyata konsumen kini mulai banyak yang beralih dan lebih tertarik menggunakan fasilitas yang sudah menggunakan satuan per kWh. Padahal, saat ini 78 persen konsumen sudah mulai beralih ke metode baru ini.

EA saat ini merupakan penyedia yang bermitra dengan Lucid Motors. Melalui kerjasama ini, EA diminta mempresentasikan sistem isi ulang yang bisa dilakukan dengan cepat.

Bahkan, pabrikan asal California tersebut mengklaim bahwa teknologi pengisian ulang yang dihadirkan merupakan teknologi pengisian ulang tercepat.

Teknologi tersebut rencananya akan dibenamkan pada produk Lucid Air. Dengan teknologi ini, pengguna Lucid Air bisa mengisi ulang baterainya untuk jarak jelajah sekitar 32 kilometer hanya dalam satu menit.