Jakarta –

Pihak berwenang Malaysia memperbarui poin aturan mengemudi selama penguncian. Jika sebelumnya setiap mobil hanya bisa membawa maksimal satu orang, sekarang satu mobil dapat membawa maksimal dua orang.

Dikutip dari Paultan, peraturan tersebut dinyatakan dalam Lembaran Federal – Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (Tindakan dalam Wilayah Lokal yang Terinfeksi) (No.4) Peraturan 2020, yang berlaku mulai 28 April hingga 12 Mei.

Tetapi meskipun bisa membawa teman saat bepergian, pengendara di Malaysia tidak bisa hanya memilih orang. Sahabat perjalanan yang diundang haruslah keluarga mereka sendiri.

Dikatakan oleh Menteri Senior Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob, pengemudi mobil sekarang dapat mengundang istri atau suami mereka, atau orang tua dan anak laki-laki atau perempuan, selama mereka tinggal di rumah yang sama.

Selain itu, tujuannya juga harus jelas, yaitu untuk tujuan membeli makanan, obat-obatan, atau kebutuhan sehari-hari lainnya. Untuk tujuan lain, pihak berwenang Malaysia akan menjatuhkan sanksi tegas.

Sementara itu, batas radius yang diizinkan tetap sama, yaitu sekitar 10 km. Tetapi jika tidak ada fasilitas layanan medis atau fasilitas penyedia kebutuhan sehari-hari dalam radius itu, otoritas memungkinkan pengendara untuk melakukan perjalanan lebih dari kisaran itu.

Tonton Video "Pemerintah Menyiapkan Paket Makanan untuk Warga Negara Indonesia yang Terkurung di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)