Nomor plat dipertimbangkan oleh pembeli di sekitar Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Peraturan ganjil-genap yang diterapkan di Jakarta berdampak pada penjualan mobil bekas. Kepala Transaksi Nyaman OLX Indonesia Agung Iskandar mengatakan penjualan mobil bekas sebenarnya meningkat dengan penerapan peraturan tersebut.

"Dealer mobil sekarang mengantisipasi dengan memberikan informasi tentang plat nomor dalam uraian di iklan," kata Agung dalam "Car Buying Trend di OLX sepanjang 2018", Rabu (31/10).

Agung menjelaskan, dengan penerapan peraturan ganjil-genap, orang berusaha mencari cara untuk membeli mobil bekas untuk melengkapi mobil mereka sebelumnya. Ketika orang tersebut memiliki mobil dengan pelat yang aneh, itu akan mencari mobil dengan piring bahkan.

Metode ini rupanya disambut oleh penjual yang berada di OLX. Terbukti bahwa selama periode Januari hingga September 2018 ada iklan untuk gerbong ganjil dengan total 1.248 unit dan bahkan plat mobil untuk 1.170 unit.

Nomor plat dipertimbangkan oleh pembeli di sekitar Jakarta. Namun, Agung mengakui, tim mereka belum mencari data mengenai jumlah pembelian dari kedua kelompok. Permintaan untuk mobil berpagar sekalipun dirasakan memiliki minat yang sama.