Rencananya, Audi Q4 e-tron 2021 akan mulai dijual tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BAVARIA – Grup Volkswagen tampaknya menjadi salah satu konglomerat otomotif paling agresif untuk menyambut kehadiran mobil listrik (kendaraan listrik). Selain melewati merek Volkswagen, Audi, yang juga merupakan anak perusahaan Grup Volkswagen, juga siap memberikan penetrasi pasar untuk mobil listrik.

Dilansir dari Car and Driver, Rabu (6/4), Audi berencana untuk juga menghadirkan EV dengan harga murah melalui produk Audi Q4 e-tron 2021. Produk ini dapat disajikan dengan harga yang kompetitif karena dibangun di atas platform modular electric drive matrix (MEB) yang dikembangkan oleh Volkwagen Group.

Crossover EV ini akan menjadi produk pertama Audi yang menggunakan platform itu. Dengan demikian, produk tersebut juga bisa menjadi produk EV dari Audi yang ditawarkan dengan harga terendah.

Saat ini, Audi telah menghadirkan tiga produk EV. Tahun lalu, pabrikan Jerman itu memperkenalkan konsep Audi Q4 e-tron dan akan menjadi produk EV keempat dari Audi. Karena mobil ini adalah Audi pertama yang menggunakan MEB, mobil ini akan datang dengan pengisian baterai yang lebih cepat dan daya jelajah yang lebih tinggi.

Rencananya, Audi Q4 e-tron 2021 akan mulai dijual tahun depan. Produk yang hadir dengan bahasa desain khas Audi ini diharapkan akan dipasarkan dengan harga sekitar 45 ribu dolar AS. Artinya, harga Audi Q4 e-tron 2021 lebih murah sekitar 30 ribu dolar AS dibandingkan dengan harga EV yang telah dipasarkan oleh Audi saat ini.

Harga produk EV di bawah naungan Grup Volkswagen dapat dikurangi berkat penggunaan plarform yang seragam. Mengingat, MEB dipersiapkan untuk digunakan oleh empat merek sekaligus melalui 27 produk EV. Tidak mengherankan, strategi ini juga membuat biaya produksi dapat dikurangi secara signifikan.

MEB sendiri adalah platform powertrain yang dilengkapi dengan baterai lithium-ion 82 kWh dan menghasilkan sekitar 300 tenaga kuda. Artinya, meskipun produk yang menggunakan platform ini datang dengan harga murah, tetap saja ia hadir dengan performa hebat.

Grup Volkswagen memang berusaha menghadirkan EV yang murah. Upaya ini dilakukan untuk memperluas cakupan pasar EV. Sehingga, semakin banyak orang menggunakan EV. Keempat merek yang akan menghadirkan EV murah dengan penyediaan MEB adalah Audi, Seat, Skoda dan Volkswagen.