Setelah menggunakan mobil untuk waktu lama warnanya mungkin tampak kusam dan Anda mungkin merasa perlu untuk mengecat ulang. Namun, untuk mengecat ulang mobil Anda tidak perlu membawanya ke garasi karena Anda bahkan dapat mengecatnya di rumah Anda sendiri. Untuk pengecatan mobil, beberapa langkah dasar perlu diikuti dan berbagai macam material dibutuhkan. Langkah-langkahnya meliputi:

  • Memilih tempat yang cocok untuk bekerja : Anda akan memerlukan tempat yang dilengkapi dengan fitur-fitur seperti ventilasi yang sangat baik, listrik, penerangan yang baik, sedikit debu dan ruang untuk memposisikan kendaraan. Pemanas air atau tungku umumnya dihindari di tempat-tempat seperti
  • Rakit semua bahan yang diperlukan untuk tujuan : Hal-hal yang diperlukan untuk pekerjaan meliputi: Sprayer cat, Power sanders, bantalan pengamplasan, kompresor udara, Masking tape, Kertas, Primer, Cat, Thinner, Masker debu, respirator, pelindung mata, pengisi tubuh dan kertas pasir tangan.
  • Cat mobil : Sebelum memulai pekerjaan pengecatan, Anda harus memperbaiki lekukan agar permukaan yang dicat terlihat rata. Untuk ini, Anda dapat mengunjungi garasi yang menyediakan layanan penyok penyok.
  1. Untuk mengecat mobil, pertama-tama Anda harus melepaskan karat dari permukaan mobil agar karat tidak terlihat saat tugas selesai.
  2. Lepaskan cetakan panel bodi seperti trim plastik atau krom yang dapat diganti nanti.
  3. Tutupi permukaan mobil yang tidak dicat dengan bantuan kertas dan selotip. Ini termasuk menutupi gelas, gagang pintu, trim jendela, grills dan cermin.
  4. Kemudian Anda harus menghapus cat sebelumnya sehingga logam telanjang menjadi terlihat.
  5. Anda harus membersihkan seluruh permukaan tubuh secara menyeluruh. Anda dapat menggunakan alkohol denaturasi atau roh alkohol untuk tujuan tersebut. Pastikan tidak ada minyak yang menempel ke permukaan mobil.
  6. Setelah ini, gunakan primer di permukaan. Setelah priming mobil Anda, biarkan kering selama beberapa waktu dan kemudian Anda dapat menerapkan cat sesuai pilihan Anda.
  • Semprotkan cat akhir : Cat akhir disiapkan sesuai dengan petunjuk yang dibuat oleh perusahaan produsen cat. Enamel otomotif dan beberapa jenis poliuretan memberikan kinerja yang lebih baik dengan katalis atau pengeras.
  1. Biarkan cat untuk sepenuhnya dibuang dan melekat ke permukaan yang kokoh.
  2. Gosokkan kertas pasir pada mobil Anda untuk menyingkirkan partikel pasir atau butiran halus.
  3. Anda dapat menggunakan senyawa karet untuk mengeluarkan kilau. Teknik ini biasanya dilakukan secara manual karena dapat benar-benar merusak pekerjaan cat jika tidak ditangani dengan benar.

Ini adalah langkah dasar untuk membuat mobil Anda dicat. Jadi jika Anda ingin memberikan tampilan baru pada mobil Anda, ikuti langkah-langkah dasar ini ditambah beberapa langkah keamanan dasar dan Anda akan kagum untuk mengetahui bahwa Anda juga dapat menjadi ahli dalam pekerjaan ini.