Jakarta – Mobil sejuta Toyota Avanza telah menjadi fenomena di dunia otomotif Indonesia. Lahir sejak 2003, orang Indonesia sepertinya tidak bosan dengan Avanza, yang masih memimpin penjualan mobil di Indonesia.

Wajah Avanza tidak banyak berubah. Namun, itu tidak hanya membuat Avanza tertinggal oleh para kekasih. Terbukti, Avanza yang mendapat julukan sejuta mobil tidak pernah absen dari daftar mobil terlaris di Indonesia.

Tercatat dalam data distribusi grosir Asosiasi Industri Otomotif Indonesia sepanjang 2018, Avanza masih terlaris. Sebanyak 75.496 unit Avanza meninggalkan pabrik Toyota untuk dikirim ke dealer di seluruh Indonesia.

Tidak ingin hanya menjadi juara di kandang, ekspor Avanza laris manis. Periode Januari-November 2018 Avanza bertengger di bawah Fortuner sebagai mobil yang paling banyak diekspor.

32.536 unit Avanza dikirim ke banyak negara. Permintaan tidak hanya dari negara-negara tetangga, negara-negara di Amerika Latin, dan di Timur Tengah, ada juga minat pada Avanza berlabel & # 39; Dibuat di Indonesia & # 39 ;.

Mobil jenis MPV luar negeri tidak terlalu populer dibandingkan dengan jenis lainnya. Jenis-jenis SUV memang menjadi tren di berbagai bagian negara, tidak heran jika Fortuner diperkirakan secara luas di negara lain.

Sebagai informasi, Avanza & # 39; Buatan Indonesia & # 39; diproduksi di pabrik Daihatsu yang kemudian dijual dengan merek Toyota. Berbeda dengan Fortuner yang diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia. (kering / ddn)