Jumlah 14.396 SPK telah dicatat sejak peluncuran dua mobil MPV di pasar

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Jumlah Vehicle Booking Letters (SPK) dari produk mobil terbaru dari Toyota, New Avanza dan New Veloz telah mencapai 14.396 pesanan. Angka itu tercatat sejak peluncuran dua mobil tipe MPV di pasaran, pada 15 Januari.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi mengatakan, sebagian besar dari mereka adalah 62 persen dari SPK yang berasal dari pesanan untuk Avanza dan sisanya berasal dari pesanan Veloz. Sedangkan dari line-up, SPK terbesar dari Avanza 1.3 G mencapai 48 persen dan dari Veloz 1,5 sebesar 29 persen.

"Jadi itu sebenarnya tidak terlalu berbeda dari yang sebelumnya (seri). Hanya Veloz dari 20 persen naik menjadi 30 persen. Tapi itu wajar," kata Anton di sela-sela New Avanza dan New Veloz Journal Test Test kegiatan pada Kamis (28/2).

Menurutnya, setiap kali ada peluncuran pembaruan produk Avanza, jumlah pesanan selalu naik terlebih dahulu. Dia mengatakan dia tidak terkejut dengan fenomena di awal peluncuran seperti itu.

Besarnya minat konsumen ini membuat pengalaman pengiriman rata-rata 1-1,5 bulan. Periode indentasi ini tidak sama di setiap wilayah, tergantung pada stok yang tersedia.

Untuk DKI dan Sumatera Utara, misalnya, indentasi sekitar 1 bulan, kemudian Jawa Tengah dan Jawa Barat, rata-rata 2,1 bulan. SPK terbesar berasal dari wilayah Jabodetabek yang mencapai 35 persen, kemudian Sumatera Utara 12 persen.

Oleh karena itu, ia berencana untuk dealer partai besar dengan sekitar 6.000 mobil. "Februari berencana sekitar 6000. Tapi sebenarnya kita masih menunggu per hari. Jadi mungkin pada awal Maret kita akan info, partai besar berapa," jelasnya.

Sementara itu, pada Maret 2019, ia memperkirakan akan memproduksi lebih dari 7.500. Ini juga berdasarkan pengalamannya pada 2018 yang memiliki rata-rata produksi sekitar 6.900 unit.

TAM meluncurkan dua mobil MPV, New Avanza dan New Veloz pada 15 Januari. Sejumlah perubahan dan penambahan fitur dilakukan pada dua jenis mobil untuk kenyamanan penggunanya.