Jakarta – Toyota Avanza rupanya tidak hanya diminati oleh orang Indonesia. Ada juga banyak orang di negara lain yang cukup tertarik dengan MPV juta orang ini.

Wajah lama Avanza tidak memiliki banyak pengaruh pada orang-orang di luar sana. Masih banyak orang asing yang memburu Avanza.

Ini dapat dilihat pada data ekspor Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo). Avanza berada di posisi kedua di bawah Toyota Fortuner SUV besar.

Secara total, dari Januari hingga November 2018, total 32.536 unit Avanza dikirim dari Indonesia ke luar negeri. Negara tetangga seperti Filipina, Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Singapura dan Malaysia masih memiliki selera yang sama dengan orang Indonesia. Itulah sebabnya negara-negara ASEAN tercantum dalam data ekspor Avanza.

Tidak ketinggalan di luar ASEAN ada Afrika Selatan, Bermuda, Mesin, Afrika Barat, Madagaskar, Pakistan, Sri Lanka, Arab Saudi, Peru, Bangladesh, Lebanon, Qatar, Kuwait, Oman, Yaman, Honduras, Guatemala, dan berbagai lainnya negara yang juga mengimpor Toyota Avanza.

Lima mobil rakitan Indonesia teratas yang dijual di luar negeri masih didominasi oleh merek Toyota. Empat dari lima model Toyota yang terdaftar paling banyak diimpor oleh orang asing.

Berikut ini adalah lima mobil teratas berlabel & # 39; Buatan Indonesia & # 39; yang laku di luar negeri:
1. Toyota Fortuner: 47.729 unit
2. Toyota Avanza: 32.526 unit
3. Toyota Rush: 28.507 unit
4. Toyota Wigo (Agya): 28.364 unit
5. Mitsubishi Xpander: 22.338 unit. (kering / ddn)