Penjualan September mendorong pangsa pasar Toyota menjadi 32 persen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor mengatakan pada September total penjualan perusahaan (WS) mencapai 29.821 unit. Penjualan terbesar berasal dari Avanza dan Rush.

Pencapaian September ini mendorong pangsa pasar Toyota meningkat sebesar 32 persen. Padahal bulan sebelumnya Toyota hanya membukukan pangsa pasar 30,5 persen.

"Dalam dua bulan terakhir, konsumen tampaknya memperketat pengeluaran mereka, termasuk untuk membeli kendaraan. Kami bersyukur, pangsa pasar Toyota pada September meningkat menjadi 32 persen," kata General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, dalam sebuah pernyataan untuk Republika. co.id, Rabu (10/24).

Pertumbuhan pangsa pasar berasal dari segmen MPV dan SUV. Total penjualan segmen MPV pada bulan September mencapai 17.767 unit, yang selanjutnya memperkuat posisi Toyota sebagai pemimpin pasar dengan pangsa hingga 46,1 persen dibandingkan dengan 43,63 persen pada bulan sebelumnya. Kontribusi terbesar berasal dari penjualan Avanza yang mencapai 6.151 unit atau berkontribusi sekitar 34,6 persen dari total MPV, diikuti oleh Kijang Innova yang berkontribusi 29,1 persen.

Untuk segmen SUV, penjualan pada September mencapai 7.929 unit. Dua andalan Toyota di segmen ini yakni Rush dan Fortuner berhasil mencapai kinerja yang mengesankan seperti terlihat pada peningkatan pangsa pasar.

Penjualan Rush pada September mencapai 5.797 unit dan membukukan pangsa pasar 44,8 persen. Di segmen SUV yang tinggi, Fortuner juga mengalami pertumbuhan pangsa yang lebih signifikan. Dengan 2.093 unit dalam penjualan, pangsa pasar Fortuner pada bulan September telah mencapai 42,6 persen, naik dari 37,4 persen di bulan sebelumnya.

Di segmen hatchback, total penjualan pada bulan September mencapai 2.789 unit, dengan kontribusi terbesar berasal dari penjualan Agya sebesar 2.437 unit, atau berkontribusi sekitar 87,4 persen dari total penjualan hatchback Toyota. "Di segmen hatchback entri kelas 1.200cc, pangsa pasar Agya mencapai lebih dari 61 persen. Ini menunjukkan bahwa minat pelanggan di Agya masih sangat besar, terutama di segmen 1.200 cc," kata Soeryo.

Toyota Agya hadir sebagai kendaraan dengan kualitas global (standar quaility global), dan didukung oleh berbagai layanan purna jual, membuat Agya banyak diminati oleh publik. Daya tahan kendaraan yang memiliki pilihan mesin 1.200 cc juga telah diuji di berbagai kompetisi motorsport.

Bersama dengan Toyota Team Indonesia (TTI), Agya tercatat berulang kali sebagai pemenang kompetisi olahraga motor nasional, termasuk sukses tampil mengesankan di Kompetisi Asia Auto Gymkhana.