Jakarta –

[Gambas:Video 20detik]

Persaingan panas tengah dirasakan oleh mobil-mobil yang mengisi segmen Low MPV. Mobil-mobil yang mengisi segmen MPV saling berebut untuk menjadi yang terlaris. Mobil di segmen tersebut memang paling diminati masyarakat Indonesia. Alasannya sederhana, mobil bisa digunakan untuk berbagai keperluan, memuat banyak, serta irit bahan bakar.

Tak heran kalau para produsen tertarik untuk memproduksi mobil Low MPV demi mendapat porsi penjualan. Tercatat ada tujuh model yang berkecimpung di segmen Low MPV mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, hingga yang terbaru Nissan Livina.

Soal yang terlaris, semuanya dikembalikan ke selera masyarakat Indonesia. Namun sudah belasan tahun berlalu, Avanza belum juga tergantikan. Selain laris di segmen LMPV, Avanza juga menjadi raja di antara mobil-mobil lain di Tanah Air.

Dalam data penjualan retail Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Maret 2019, Avanza masih menjadi yang terbanyak dikirim ke garasi konsumennya di seluruh Indonesia. Tercatat 6.476 unit Avanza terkirim ke masing-masing konsumennya.

Di bawah Avanza masih ada Xpander. Berselisih tipis dengan Avanza, Mitsubishi mengirim 6.327 unit kepada konsumen yang telah memesannya. Segmen Low MPV memang didominasi kedua model itu dalam beberapa bulan terakhir.

Sisanya meski laris namun belum juga bisa menyamai pencapaian Avanza dan Xpander. Di urutan ketiga LMPV terlaris ada Xenia. Perbandingan penjualan Xenia dengan Avanza dan Xpander cukup jauh. Kemudian ada Ertiga sebanyak 1.968 unit, disusul Mobilio 1.439 unit.

Model baru Livina nyatanya belum sanggup menyamai kembarannya Xpander. Livina di bulan perdananya terkirim sebanyak 740 unit konsumen. Kemudian di posisi buncit ada LMPV termurah asal China Confero. Harga murah Confero tak bisa menjadi jaminan mobilnya laris manis. 553 unit Confero dibeli masyarakat Indonesia pada Maret 2019. (dry/ddn)