Avanza diminati karena faktor layanan purna jual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mobil Avanza masih menarik perhatian orang Indonesia sebagai tumpangan harian. Bahkan Toyota ini merilis pembelian mobil masih mendominasi pasar penjualan mobil bekas.

"Avanza adalah peringkat pertama sebagai jenis mobil yang paling banyak dicari," kata Kepala Transaksi Nyaman OLX Indonesia Agung Iskandar dalam "Car Buying and Selling Trends in OLX Throughout 2018" pada hari Rabu (31/10).

Agung menjelaskan, data tersebut merupakan hasil dari periode Januari hingga September 2018. Posisi Avanza masih belum bergeser untuk kendaraan yang paling banyak dicari. Honda Jazz menempati posisi kedua, kemudian Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Pajero Sport.

Meskipun Xpander dari Mitsubishi secara luas dibahas dan dicari, namun, dalam penjualan mobil bekas, Pajero Sport masih unggul. Menurut Agung, ini karena Xpander & # 39; s pembeli pertama masih tidak mau melepaskan mobil sehingga mobil bekas itu belum banyak dicari.

Sedangkan mobil yang paling banyak dijual di situs penjualan / beli OLX otomotif pada periode yang sama adalah Avanza. Kemudian diikuti oleh Jazz, Xenia, Ertiga, dan posisi kelima tepat memenuhi Nissan Grand Livina. "Namun, mungkin untuk menggeser tahun depan jika Nissan tidak memiliki tipe terbaru," kata Agung.

Sejalan dengan ekspresi dealer di OLX, Toyota Avanza masih dianggap mendominasi pasar mobil bekas, terutama di daerah Bali, Jakarta dan Surabaya. Harga yang terjangkau dan efisiensi bahan bakar adalah daya tarik utama untuk Toyota Avanza dibandingkan dengan jenis mobil lainnya.

Di Bali khususnya, Toyota Avanza sangat diminati oleh layanan penyewaan mobil untuk membawa turis ke berbagai tempat rekreasi. Beberapa dealer di OLX menginformasikan bahwa mereka memiliki persediaan Toyota Avanza yang tinggi karena harga jual yang stabil meskipun mereka telah digunakan selama tiga hingga lima tahun.

Dengan harga jual sekitar Rp. 110 juta hingga Rp. 150 juta, mobil yang memiliki saudara kembar Daihatsu Xenia juga masih menempati posisi MPV paling dicari. Selain jenisnya sebagai kendaraan MPV, Avanza juga diminati karena adanya layanan purnajual atau layanan purna jual kendaraan.

"Layanan purna jual Avanza masih sangat bagus. Jadi tidak hanya sesuai kebutuhan tetapi juga layanan purnajual yang tinggi," kata Agung.

Posisi Avanza sebagai mobil yang paling dicari dan dibeli juga sejalan dengan tren penjualan besar menuju jenis Multi Purpose Vehicle atau MPV. Jenis ini menyumbang penjualan hingga 41 persen. Mobil hatchback 22 persen, SUV 20 persen, sedan 13 persen, dan pikap empat persen atau truk.

Sedangkan di tempat kedua ada Honda Jazz sebagai mobil yang paling banyak dicari. Menurut informasi dari OLX, mobil ini diminati oleh kaum hawa, terutama ibu-ibu muda dan siswa perempuan.

"Honda sendiri adalah produk mobil unggulan yang kebanyakan dijual, Jazz," kata Agung.

Honda menduduki peringkat kedua sebagai mobil paling banyak terjual setelah Avanza dengan persentase 22 persen. Ukuran yang kompak, beragam pilihan warna, dan efisiensi bahan bakar adalah daya tarik utama mengapa mobil ini paling dicari oleh konsumen wanita.

Selain itu, harga jual Honda Jazz dianggap cukup stabil meski telah digunakan selama dua hingga tiga tahun. Banyak Honda Jazz dipasarkan dengan harga Rp. 105 juta hingga Rp. 180 juta. Honda Jazz banyak dijual di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.