Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) telah menyegarkan model MPV rendahnya, Avanza. Avanza baru membawa sejumlah pembaruan, baik dari segi desain dan fitur tambahan di kabin.

Avanza sendiri memiliki kakak lelaki, Toyota Kijang Innova yang bermain di segmen MPV. Mobil ini terakhir mendapat penyegaran besar di tahun 2015 lalu.

Bersama dengan Avanza yang menyegarkan, apakah TAM juga akan menyegarkan kembali Toyota Kijang Innova? "Akankah ada produk baru tahun ini? Saya belum bisa berkomentar," kata Anton Marketing Director (TAM) Anton Jimmi Suwandi, kepada wartawan di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (3/5/2019).

Alasannya menurut Anton, peminat konsumen Kijang Innova sendiri belum menunjukkan tanda-tanda kebosanan terhadap generasi Innova saat ini.

"Penjualan sejauh ini masih baik-baik saja. Saya lupa nomor detailnya, tetapi ini tentang target kami 5.000 unit, dan itu masih tercapai. Februari sekitar 5.000 unit. Januari juga sama. Pasar share di kelas masih dominan, di atas 90 persen, "jelas Anton.

Jika nanti Innova akan disegarkan, lalu apa permintaan konsumen untuk Toyota Kijang Innova yang baru?

"Kami tentu akan mengakomodasi dan terus mempelajari keinginan konsumen, dan memasukkan masukan dari teman-teman media. Dan menurut kami, produk seperti Innova bukan hanya soal fitur," kata Anton.

"Konsumen membeli Innova dengan benar karena kemasan, ukuran, kenyamanan, kemudian setelah penjualan juga. Yah, kita juga harus mempertimbangkan semuanya. Jika fitur kita dibuat selengkap mungkin, kita harus mempertimbangkan biaya, layanan, dan lain-lain, "dia menyimpulkan.

[Gambas:Video 20detik]

(lua / ddn)