Jakarta –

Mobil dengan sistem penggerak roda belakang RWD (Rear Wheel Drive) banyak digunakan pada model terlaris seperti Toyota Avanza dan MPV rendah Daihatsu Xenia, juga digunakan oleh Daihatsu Terios, dan Toyota Rush.

Sesuai namanya, RWD menggunakan sistem penggerak roda belakang, yang berarti terpisah dari sistem kemudi di roda depan. Penggerak roda belakang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sistem penggerak roda depan (FWD).

Dijelaskan Penjelasan Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna, mobil dengan sistem penggerak roda belakang biasanya memiliki kaki yang lebih panjang dan kinerja yang lebih kuat di medan yang ekstrem.

"Bisa disebut itu karena komponen kemudi dan penggerak kendaraan dibagi depan dan belakang, sehingga komponen roda depan tidak terlalu fokus dan membuat mereka lebih awet," kata Suparna, dihubungi detikOto, Selasa (05/12). 2020).

Selain itu, dengan bekerja & # 39; mendorong & # 39 ;, sistem penggerak roda belakang akan lebih andal untuk jalan menanjak, curam, dan tidak rata. "Keunggulan lain adalah kebisingan di dalam kabin karena komponen penggerak seperti transmisi, juga akan diminimalkan, sehingga kabin bisa lebih tenang," lanjutnya.

Bicara tentang kurangnya penggerak roda belakang adalah beban yang berat. Karena pemindahan daya dari depan ke belakang, membutuhkan lebih banyak komponen power train seperti poros baling-baling, gandar, gandar belakang, sambungan silang, dan lainnya.

"Selain menyebabkan bobot kendaraan berat juga mengalami kehilangan daya akibat gesekan pada power train. Jadi RWD akan cenderung kurang efisien dan kurang responsif dari FWD. Dan biasanya potensi gejala oversteering lebih besar daripada FWD," Suparna dijelaskan.

Kelemahan lain dari sistem penggerak roda belakang adalah kabinnya kurang lapang. "Pada mobil FWD lantai kendaraan menjadi tidak rata, karena di bawahnya adalah tempat untuk sistem transmisi dan poros baling-baling," katanya.

Lihat video "Top! Helm Kustom Buatan Warga Sulawesi Selatan Menembus Pasar Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)