Jakarta –

Nama Esemka kembali mencuat setelah kabar bakal diluncurkannya Garuda 1. Namun, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) membantah rumor tersebut. Di sisi lain, Esemka harus mengutamakan kepuasan konsumen, terutama terkait jaminan purna jual.

PT Solo Manufaktur Kreasi yang berlokasi di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya juga menjadi showroom produk mereka.

Terkait layanan purna jual, Esemka mengaku sudah memiliki partner di Jakarta. Mitra yang membantu dalam penjualan dan layanan.

"Purna jual ditangani dari Jakarta, oleh mitra kami PT Unisat Oto Internasional." ujar Humas PT Solo Manufaktur Kreasi, Sabar Budi saat dihubungi detik.com, Kamis (27/8/2020).

Sabar menjelaskan, partnernya membawahi layanan purna jual seperti service, dan juga sales. "Suku cadang kami kirim ke mereka," kata Budi.

Namun saat ditanya mengenai lokasi gerai yang menjadi mitra Esemka, ia tidak memberikan jawaban "Saya belum mengupdatenya," ucapnya.

Sejak beberapa tahun lalu, teka-teki produksi massal mobil Esemka dijawab dengan peresmian pabrik produksi Esemka pada September 2019 oleh Presiden Jokowi.

Usai peresmian ini, pabrik tersebut dikabarkan siap memulai produksi kendaraan secara massal. Pada tahun pertama, PT SMK akan memproduksi 3.500 unit pick up Bima dengan total kapasitas produksi 12.000 unit per tahun.

Namun, Sabar memilih hemat jika membicarakan berita penjualan dan jumlah produksi Esemka yang sudah sampai ke konsumen.

“Saya belum mendapat update dari marketing,” kata Sabar.

Tonton Video "Ramai di Medsos Prabowo Jajal Esemka"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)