Jakarta – Kantuk adalah hal yang tidak bisa dihindari saat mengemudi. Kelelahan berlebihan membuat kantuk menyerang pengemudi.

Mengemudi dalam situasi mengantuk tentu berbahaya. Obat tidur sebenarnya hanya satu, yaitu tidur.

Namun, Sony Susmana, Direktur Pelatihan Konsultan Pertahanan Keselamatan Indonesia (SDCI), memiliki trik untuk menghilangkan kantuk. Setidaknya metode ini dapat menunda rasa kantuk yang menyerang saat berkendara.

"Ada dua metode yang harus dilakukan agar fokus mengemudi tanpa lelah selain beristirahat. Pertama dia harus melakukan komentar mengemudi," kata Sony.

Komentar mengemudi ini sama dengan berbicara kepada diri sendiri. Ini bisa dilakukan jika detikers mengemudi sendirian tanpa teman mengobrol di mobil.

"Itu (komentar mengemudi) menangkap benda-benda di sekitar kendaraan, kami menolaknya. Metode ini biasanya dilakukan oleh orang-orang di pertambangan," kata Sony.

Apa pun yang dilakukan pengemudi, katakan saja sendiri. Misalnya, memasuki kendaraan, mengenakan sabuk pengaman dan sebagainya bisa disebut secara verbal saat sedang dilakukan.

"Menyebutkan dari titik awal ke titik berikutnya mulai menggunakan sabuk pengaman, memberi tahu mereka ada kotak P3K, semuanya mengatakan. Masukkan gigi pertama, hati-hati di depan pohon, ada tikungan pada sinyal kanan, kiri cermin aman, cermin kanan aman, tengah aman, "Bagian depan kosong, aman. Lalu dia pergi satu per satu sampai tiba di tujuan. Ya berbicara sendiri, "jelas Sony.

Cara kedua selain mengemudi komentar adalah memalingkan muka. Saat mengemudi, mata tidak hanya fokus pada satu titik di depan yang menyebabkan kantuk seiring waktu.

"Jika Anda melihat ke depan, itu akan terus memudar untuk waktu yang lama, mengantuk. Mata harus bergerak. Lihat di depan, lihat ke cermin, lihat indikator," kata Sony.

Selain dua cara ini, istirahat masih harus dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, setiap 2 jam perjalanan detikers dapat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

"Kecelakaan rata-rata adalah masalah keletihan, karena orang tidak memperhitungkan waktu istirahat. Dia terus terkesiap, kami tidak pernah tahu di mana itu lemah," Sony menyarankan agar mereka beristirahat secara teratur selama perjalanan jauh. (rgr / ruk)