Jakarta –

Bagaimana rasanya turun dari motor yang melaju kencang di tengah balapan? Hanya Maverick Vinales yang tahu jawabannya.

Salah satu pengalaman paling absurd sekaligus berbahaya dialami Vinales saat tampil di MotoGP Styria, Minggu (23/8) malam WIB. Saat balapan masih tersisa 12 lap, dia terpaksa harus menyerah karena ada masalah dengan pengereman motornya.

Tidak seperti banyak masalah teknis lain yang biasanya dialami pengendara, Vinales menyelesaikan balapan dengan cara yang mengerikan. Dia harus melompat dari motornya yang melaju kencang dengan kecepatan 220 km / jam.

Sangat jarang seorang pembalap harus turun dari motornya saat melaju dengan kecepatan tinggi. Namun langkah ini diambil oleh Vinales karena M1 miliknya tidak dapat dihentikan. Langkah berani yang dia ambil untuk keselamatannya sendiri.

Setelah Vinales melompat turun, sepeda terus berjalan tanpa penumpang. Hingga akhirnya lintasan tembok menabrak bendungan terbakar.

"Saya mulai kehilangan pengereman sejak lap 4 dan seterusnya. Saya sudah melakukan yang terbaik. Saya mencoba menyalip (Andrea) Dovizioso, lalu berhasil, tapi tiba-tiba di trek lurus dia membalap saya lagi," kata Vinales dalam rilisnya. diterima oleh detikOto.

"Itu adalah balapan yang sangat sulit, di mana kami bisa melakukan pekerjaan dengan baik, tetapi karena kesalahan kami sendiri, kami tidak bisa tampil di depan. Tentu saja, kecelakaan hari ini luar biasa. Saya sudah pernah merasakannya sebelumnya, benar-benar kehilangan kemampuan pengereman dan harus melompat (dari motor), ”lanjut pebalap Spanyol itu.

Apa yang terjadi di MotoGP Styria hingga Vinales memperpanjang masalah Yamaha musim ini. Sebelumnya mereka terkendala mesin, dimana beberapa pebalap mengalami kendala baik saat balapan maupun saat tampil di sesi latihan.

Yamaha sempat meminta agar diizinkan membuka segel mesin dan melakukan perbaikan demi keselamatan pengendara. Namun mereka kemudian membatalkan rencana tersebut. Kini pengereman gagal menjadi tantangan baru bagi Yamaha.

Miguel Oliveira akhirnya memenangkan MotoGP Styria. Pembalap KTM Tech 3 asal Portugal itu mengamankan kemenangan pertamanya setelah dengan cerdik menyalip Pol Espargaro dan Jack Miller di depan garis finis.

Tonton Video "Vinales Tercepat di Free Practice I MotoGP Andalusia 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(din / din)