Jakarta – Seperti tubuh manusia, sepeda motor perlu dirawat. Bahkan jika sepeda motor baru saja dibeli dan kondisinya masih lancar bukan berarti kita mengesampingkan perawatan.

Salah satu hal yang penting adalah motor dalam kondisi prima adalah layanan secara teratur. Seberapa sering sepeda motor harus dilayani dengan rajin ke garasi?

Mengutip Totally Motor, Selasa (30/10/2018), pertanyaan layanan rutin disesuaikan dengan model sepeda motor. Misalnya sepeda motor sport dan sepeda motor touring memiliki rentang waktu servis yang berbeda.

Layanan sepeda motor reguler juga bergantung pada cara penggunaannya. Jika sepeda motor sering digerakkan dan jaraknya jauh, tentu mempengaruhi kinerja motor.

Sebaiknya jika Anda merasa performa sepeda motor tidak oke, Anda bisa langsung membawanya ke bengkel. Atau, jika Anda ingin lebih teratur, Anda dapat menggunakan referensi yang disediakan oleh pabrikan dalam buku layanan rutin.

Biasanya jika motor telah mencapai jarak tertentu maka disarankan untuk melakukan service ke garasi.

Sebenarnya, melakukan perawatan motor secara rutin tidak harus membawanya ke bengkel. Anda juga bisa melakukan perawatan sendiri. Misalnya, memeriksa tekanan ban secara teratur, mengganti oli mesin secara teratur, hingga memeriksa filter bensin itu sendiri.

Dengan rajin melakukan perawatan pada sepeda motor, motor dijamin berumur panjang. (kering / rgr)