Jakarta – Skuter matik (skuter) bermotor di Indonesia memang dicintai. Sepeda motor yang dapat dijalankan dengan cara meremas dan mengerem cukup baik di tengah kemacetan di negara ini.

Tidak heran jika banyak pabrikan sepeda motor yang membawa skuter mereka ke Indonesia. Tidak terkecuali untuk motor merek Perancis, Peugeot. Peugeot Motorcycle Indonesia yang merumahkan merek Peugeot baru saja meluncurkan skuter premium terbarunya di lantai IMOS 2018.

Skuter ini Speedfight 125. Peugeot mengklaim Speedfight adalah motor terlaris di dunia. Motor ini membawa mesin 125cc dan dijual dengan harga Rp. 39,4 juta dan varian terbatas Rp. 39,9 juta. Melihat spesifikasi mesin, Peugeot Speedfight akan bertabrakan dengan motor berkapasitas 125cc yang didominasi oleh merek Jepang. Tercatat ada tiga pabrikan motor besar yang menawarkan mesin motor 125cc di Indonesia.

Kedua merek tersebut adalah Honda, Yamaha dan Vespa. Yamaha memiliki beberapa model skuter yang mengusung mesin 125cc. Model-model ini adalah X-Ride, Mio S, Mio Z, Mio M3, Fino, New Soul GT, Lexi, dan FreeGo. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 15,2 juta hingga yang paling mahal Rp. 20,15 juta.

Berbeda dengan Yamaha, Honda sebenarnya tidak memiliki banyak pilihan di skuter 125cc. Scutic 125cc Honda hanya ditemukan pada model Vario 125 ESP. Sedangkan sisanya bervariasi dari 110cc hingga 250cc. Vario 125 ESP dijual dengan harga Rp. 19,2 juta.

Sementara Vespa juga hanya memiliki satu model dengan mesin kapasitas 125cc. Vespa menjual LX 125 i-Get dengan harga Rp. 31,5 juta.

Dalam harga, untuk sepeda motor 125cc Honda dan Yamaha masih lebih ramah di kantong daripada Peugeot dan Vespa. Yah Otolovers memilih skuter merek Jepang atau Eropa? (kering / ddn)