Jakarta –

Balapan sekelas MotoGP yang memacu sepeda motor hingga kecepatan lebih dari 300 km / jam tentunya membutuhkan perangkat keselamatan yang mumpuni. Tak jarang balapan MotoGP membuat beberapa pebalap mengalami kecelakaan.

Meski terjatuh dari motor dengan kecepatan tinggi, pembalap MotoGP terkadang tidak mengalami cedera serius. Faktor perlengkapan berkendara yang sangat aman adalah kuncinya.

Dari ujung kepala hingga ujung kaki, pengendara MotoGP dilindungi oleh peralatan yang sangat aman. Mulai dari helm, baju balap yang menempel di kaki, sarung tangan, hingga boots untuk melindungi seluruh tubuh pengendara.

Mengutip informasi dari channel YouTube resmi MotoGP, para pebalap MotoGP diharuskan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman saat balapan. Helm pertama. Helm pengendara MotoGP harus memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan oleh federasi olahraga motor internasional atau Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Helm seorang pebalap MotoGP harus memiliki berat kurang dari 1,5 kg. Bantalan interior harus tepat dengan kepala pengendara agar pas.

Selanjutnya adalah sarung tangan kulit. Sarung tangan harus memiliki perlindungan untuk buku-buku jari. Bahan seperti dupont kevlar digunakan di bagian dalam untuk meningkatkan ketahanan abrasi

Lalu sepatu bot. Sepatu yang melindungi kaki pengendara harus tiga kali lebih tahan sobek dibandingkan sarung tangan. Area yang berisiko erosi dilengkapi penggeser aluminium.

Yang paling penting adalah baju balap itu sendiri. Satu set pakaian balap setidaknya harus 10 kali lebih tahan abrasif daripada jeans standar. Kaos balap harus memiliki pelindung peredam guncangan pada bahu, siku, lutut dan kaki serta pelindung dada.

Selain itu, baju balap memiliki pelindung punggung pengendara. Sistem kantung udara yang dapat mengembang kurang dari 20 milidetik sebelum benturan saat terjadi kecelakaan juga wajib untuk pakaian balap MotoGP.

Di bagian belakang baju balap juga terdapat punuk yang pas dengan sistem hidrasi pengendara. Biasanya, sistem hidrasi menampung 300 ml air untuk pembalap.

Selain itu, pengendara juga bisa menggunakan slider di bagian siku dan lutut. Biasanya slider menggunakan bahan plastik yang keras.

Berat total peralatan baju balap MotoGP kurang dari 15 kg. Dikatakan juga 10 kali lebih ringan dari baju astronot.

[Gambas:Youtube]

Tonton Video "Meraih Posisi Pole di MotoGp Andalusia, Quartararo & # 39; Asapi & # 39; Yamaha Star"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)