Toyota dan Maruti Suzuki berkolaborasi untuk memasok kendaraan hybrid di India

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – Raksasa mobil Jepang, Toyota, akan meluncurkan kendaraan hatchback dari model Suzuki Baleno untuk pasar India pada paruh kedua tahun fiskal berikutnya. Ini berdasarkan data yang dikumpulkan oleh kantor berita India, Press Trust India.

Pada bulan Maret tahun lalu, Toyota dan Maruti Suzuki sepakat untuk memasok kendaraan hibrida dan model kendaraan lain satu sama lain secara khusus untuk pasar India. Menurut perjanjian, Suzuki akan memasok Baleno hatchback dan Vitara Brezza untuk Toyota. Sementara Toyota akan menyediakan sedan Corolla untuk Suzuki.

"Pada paruh kedua tahun fiskal yang akan datang, Toyota akan meluncurkan versi Baleno-nya. Akan ada penyesuaian eksternal untuk tampilan yang berbeda tetapi tetap seperti itu," kata seorang sumber.

Toyota di India, Toyota Kirloskar Motor (TKM), tidak mengomentari waktu peluncuran Baleno, meskipun membenarkan kerja sama dari dua produsen Jepang. "Di bawah ikatan Toyota-Suzuki, setiap perusahaan akan menjual kendaraan yang disuplai bersama dengan merek dan lambang masing-masing," kata Wakil Presiden Toyota Kirloskar Motor, Atsushi Oki, dalam pernyataannya.

"Selain itu, saat ini, kami tidak dalam posisi untuk membahas rincian lebih lanjut seperti spesifikasi kendaraan di masa depan atau rencana produk kami," kata Atsushi Oki.

Dia mengatakan, Toyota akan meningkatkan lokalisasi komponen untuk mendukung inisiatif "Make in India" untuk menghemat biaya.

Masalah harga Toyota Baleno, Oki berkata, "Kami memahami sensitivitas harga pasar di India. Kami akan terus mempertahankan momentum harga. Pada titik ini, detail tentang harga sedang dibahas."

Pekan lalu, Toyata dan Suzuki sepakat untuk memperluas cakupan kolaborasi dan membahas proyek-proyek bersama baru di bidang pengembangan teknologi, produksi kendaraan, dan pengembangan pasar.

Berdasarkan perjanjian tersebut, TKM akan memproduksi model yang dikembangkan oleh Suzuki untuk dijual di India melalui jaringan merek masing-masing.

Selain itu, kedua perusahaan meninjau kerja sama untuk mengekspor kendaraan yang dikembangkan Suzuki, termasuk yang diproduksi oleh TKM, dari India ke Afrika dan pasar lain melalui jaringan penjualan global.