Jakarta – Mobil keluarga masih menjadi pilihan utama bagi orang Indonesia. Persaingan industri semakin panas dengan semakin banyaknya pilihan. Namun ini tidak lantas membuat pemain lama kehilangan daya tariknya.

Seperti Daihatsu Xenia misalnya. Di wilayah Sumatera, mobil fenomenal itu masih menjadi pilihan utama setelah Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Berdasarkan data penjualan Daihatsu di Sumatra, Xenia adalah mobil terlaris nomor tiga dengan kontribusi 22 persen. Pasar Daihatsu secara keseluruhan adalah 17 persen seperti yang dijelaskan oleh Manajer Regional Sumatera, Budhy Lau di Sibolga, Sumatera Utara, Senin (11/2/2019).

"Xenia ini adalah pasar besar di Sumatra. Kontribusinya terhadap Daihatsu adalah 22 persen. Sigra, 25 persen, dan pikap 23 persen," katanya.

"Untuk mobil segmen LMPV, Avanza masih nomor satu. Keduanya punya Xpander dan Xenia. Memang, kami bergeser dari nomor dua. Tapi tidak bisa dipungkiri, para pendatang baru cukup fenomenal di berbagai daerah di Indonesia," lanjut Budhy.

Tetapi jika Anda melihat total penjualan mobil Daihatsu di Sumatra, sebenarnya ada penurunan kinerja 2 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ini karena segmen komersial di Indonesia tumbuh besar tahun lalu sementara Daihatsu tidak bermain truk. Sekarang di Sumatra, ini berbeda dari Jawa. Segmen komersial sangat besar karena ada tambang, perkebunan, dll. Jadi ini mempengaruhi, "Kata Budhy.

Tapi tetap saja, jika garis besar ditarik itu tidak dapat ditutupi bahwa Xenia masih disukai oleh orang-orang Sumatra sebagai mobil utamanya. Jadi diharapkan dengan model baru, Xenia akan lebih besar.

"Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Xenia telah menurun (karena faktor komersial dan sejumlah hal lainnya sebelumnya.) Sekarang dengan penyegaran baru ini, kami berharap kami dapat tumbuh dari tahun lalu (2018). Ya, kembali normal atau bahkan lebih , "simpulnya. (ruk / rgr)